Calon Pengantin Dihimbau Bersabar

Banjarmasin, KP – Pasangan calon pengantin (catin) dihimbau untuk bersabar dengan tidak melangsungkan akad nikah atau ijub Kabul di tengah masih mewabahnya virus corona (Covid-19).

Himbau itu disampaikan anggota DPRD Kota Banjarmasin, Wakhid Husaini menyikapi, dihentikannya layanan pencatatan nikah di Kantor Urusan Agama (KUA) terhitung 1 April 2020 lalu. Meski demikian, proses pendaftaran nikah masih dilakukan secara online melalui simka.kemenag.go.id.

“ Baiknya berpuasa, sabar atau menunda dulu jika ingin menikah, menunggu wabah Covid-19 berakhir,” ujarnya kepada wartawan, Rabu (15/4/2020).

Walau demikian, ia tak menyalahkan jika ada pasangan yang mau nikah secara agama, jika ingin menghindari zinah. Asalkan, syarat untuk nikah tersebut sudah dipenuhi secara agama, misal aqil baliq, ada wali dan saksi serta lainnya.

Berita Lainnya
1 dari 1.457
Loading...

“Tapi sekali ada baiknya menunggu, karena prosesi akad nikah melalui KUA tersebut akan lebih baik, sesuai anjuran pemerintah, ” ujar anggota dewan dari F-PKS ini.

Menurutnya, Wakhid jika tak mengikuti anjuran pemerintah proses administrasi untuk mendapatkan buku nikah akan susah. “Saya harap kondisi seperti ini dimaklumi. Dan mudahan wabah virus Corona ini segera berakhir,” tandasnya.

Sebelumnya, Dirjen Bimas Islam, Kamarudin Amin mengatakan, layanan pencatatan nikah di Kantor KUA dihentikan sejak 1 April 2020. Proses pendaftaran kemudian dilakukan secara online dalam upaya pencegahan virus corona.

Diakui Kamarudin, calon pengantin yang telah mendaftar secara online melalui simkah.kemenag.go.id setelah 1 April jumlah cukup besar. (nid/K-3)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya