Cegah Covid-19, Sungai Andai Semprot Disinfektan


‘Banteng’ Support Disinfektan
 
Banjarmasin, KP – Penyebaran Corona Virus Diseas (COVID) 19 di Indonesia sangat massif dan kian tak terkendali, termasuk di Kalsel.


Apalagi penyebaran virus Covid-19, terutama kasus-kasus terkonfirmasi positif Covid-19 berikutnya bukan lagi merupakan kasus dari luar (imported case) yang menginfeksi ke dalam kota Banjarmasin. Namun, saat ini sudah ada penularan dari dalam kota.


Menyikapi masalah ini, masyarakat kota juga tak mau kalah dengan lajunya penyebaran corona, sehingga melakukan upaya pencegahan secara massif.

Diantaranya melaksanakan penyemprotan cairan anti septic berupa disinfektan secara berkala di lingkungan tempat tinggalnya. Seperti aksi warga RW.04 Kelurahan Sungai Andai, Banjarmasin Utara, Minggu (5/4) kemarin. Dalam rangka membebaskan kampungnya dari paparan virus asal Wuhan, Tiongkok tersebut, mereka bersatu melakukan gerakan sterilisasi.

Berita Lainnya
1 dari 1.753
Loading...


Gerakan ini tak hanya dimotori warga setempat, tapi juga melibatkan sejumlah komunitas kemanusiaan. Seperti Satgas 23 Kebersihan Banjarmasin Utara, Unit Reaksi Cepat (URC) Kebersihan Sungai Andai, Barisan Pemadam Kebakaran (BPK) Virus Kampung Bunga (Vikamba) serta BPK ADP Sungai Andai. Mereka menyasar ribuan rumah dan puluhan blok di RW.04 Sungai Andai, melakukan penyemprotan, baik menggunakan unit roda empat, roda tiga hingga berjalan kaki.


Menurut Ketua RT.53 Blok Batu Virus, Zainal Hakim, aksi ini sebagai bentuk nyata masyarakat setempat untuk menepis kecemasan atas masifnya penyebaran COVID 19. “Masyarakat ingin berkontribusi dalam melawan virus corona. Meski hanya aksi sederhana, tapi optimis akan memberikan dampak positif bagi lingkungan,” katanya. Hakim berharap, kegiatan ini akan terus dilaksanakan secara berkala, agar permukiman tempat tinggal mereka terbebas dari virus.


Ia mengaku, aksi ini mendapatkan dukungan sejumlah pihak, yang berkenan memberikan support sehingga bisa terlaksana. Seperti bantuan 27 liter larutan disinfektan dari DPD PDI Perjuangan Kalsel, partisipasi masyarakat dan dukungan aparatur. “Diharapkan sinergitas ini tetap terjaga, dalam rangka menciptakan kebersamaan dalam menghadapi wabah ini,” ucapnya.


Selain penyemprotan, dalam aksi itu juga digelar pembagian cairan disinfektan bagi masyarakat. Larutan disinfektan disiapkan dalam sebuah tandon, untuk didistribusikan kepada warga yang membutuhkan, yang berminat melakukan penyemprotan secara mandiri.

Rencananya gerakan serupa akan rutin digelar, selama wabah corona masih mengancam negeri ini. (lyn/KPO-1)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya