Dewan – Walikota Bahas Peruntukan Anggaran Covid-19

Banjarmasin, KP- DPRD bersama Pemko Banjarmasin sudah menyepakati untuk memangkas anggaran tahun 2020 untuk mempercepat penanganan penyebaran Virus Corona (Covid-19).

Ketua Komisi IV DPRD Banjarmasin, Matnor Ali menegaskan, anggaran tersebut nantinya akan dipergunakan untuk memenuhi segala kebutuhan yang diperlukan dalam pencegahan Covid-19.

“Totalnya nominalnya sebesar Rp 51 miliar. Namun perlu kami tegaskan, anggaran ini harus digunakan sesuai kebutuhan skala prioritas, tepat sasaran dan jangan digunakan kegiatan seremonial yang tidak berarti,” kata Matnor Ali.

Menyusul segera dicairkannya dana itu kepada KP Selasa (7/4/2020) kemarin, Matnor Ali mengemukakan, DPRD Kota Banjarmasin segera memanggil Tim Gugus Tugas penanganan Covid-19 dan SOPD guna mempertanyakan sejauh mana rencana kegiatan penanggulangan wabah corona tersebut.

Menurutnya, sesuai surat undangan yang telah ditandatangi Ketua DPRD Banjarmasin, Harry Wijaya pertemuan dilaksanakan siang besok Rabu (8/4/2020) (hari ini-red).

Rapat gambungan yang akan dihadiri unsur pimpinan seluruh komisi DPRD Banjarmasin ini ungkap Matnor Ali, rencananya akan dihadiri langsung oleh Walikota Banjarmasin, Ibnu Sina selaku Ketua Tim Gusus Tugas Penanganan Covid-19.

Ia menandaskan, skala prioritas dan tepat sasaran dalam pencegahan dan penanganan covid-19 yang jumlah penderitanya di Banjarmasin terus bertambah ini penting dijadikan perhatian, seperti untuk pengadaan obat-obatan, peralatan kesehatan, masker dan lainnya serta penyediaan alat pelindung diri (APD) untuk dokter maupun tenaga kesehatan.

Berita Lainnya

Restauran Terapung Resmi Operasional

1 dari 1.758
Loading...

“Sebab tenaga kesehatan mereka adalah sebagai garda terdepan dalam menangani pasein yang terpapar virus corona,” ujarnya.

Ketua komisi dari Partai Golkar ini menyebutkan, penggunaan anggaran juga diperuntukan dalam melaksanakan social distancing untuk keperluan operasional SOPD.

Khususnya kata Matnor Ali, terkait dalam melakukan pengawasan pintu masuk dari warga pendatang dalam upaya mencegah penyebaran virus corona, maupun untuk kepentingan penanganan sosial akibat dampak pandemic virus corona tersebut..

Hal senada juga dikemukakan, anggota komisi IV Yunan Chandra. Ia mengatakan, selaian skala prioritas dan tepat sasaran penggunaan dana untuk mempercepat penanganan wabah virus corona tersebut harus melalui pengawasan ketat.

Anggota dewan dari Partai Nasdem ini mengusulkan, perlunya tim pengawas anggaran penanganan covid-19 yang didalamnya selaian melibatkan instansi terkait, juga melibatkan DPRD Kota Banjarmasin.

Menurut Yunan Chandra, melalui pengawasan yang ketat melibatkan sejumlah instansi terkait termasuk dewan, diharapkan tidak ada pihak yang menyalahgunakannya.

“Karenanya pemanfataan anggaran itu haruslah dikawal oleh semua pihak, termasuk pengawasan oleh masyarakat agar pemanfatannya digunakan secara maksimal untuk menanggulangi dan mempercepat penanganan dan memutus mata rantai penyebaran virus corona,” tandas Yunan Chandra. (nid/K-3)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya