Disperkim LH HSU Upayakan Perluasan TPA

Foto : Dok

Amuntai, KP – Dinas Pemukiman dan Lingkungan Hidup (Disperkim LH) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) upayakan perluasan arelah Tempat Pembungan Akhir (TPA) sampah yang dinilai saat ini sudah mulai penuh.

Kabupaten HSU memiliki TPA sampah yang berada di Desa Tebing Liring, Kecamatan Amuntai Utara. Namun seiring waktu karena sudah semakin penuh tempat sampah tersebut direncanakan akan diperluas.

Lahan TPA yang luasanya kurang lebih 7 hektar tersebut, hamper sebagain besar telah digunakan untuk sampah. Dengan adanya perluasan makan diharapkan system penglolaan sampah bisa lebih maksimal.

Plt Kepala Dinas Perkim LH HSU, Najeriansyah, mengungkapkan lahan yang ada di TPA hampir seluruhnya sudah digunakan untuk penumpukan sampah.

“karenanya perlu ada perluasan lahan pengelolaan sampah” ungkapnya.

Berita Lainnya
1 dari 207
Loading...

Lokasi areal sampah yang ideal adalah terletak di dataran tinggi, jauh dari pemukiman penduduk dan ketersedian tanah untuk menguruk lahan seperti lahan di Tebing Liring yang ada sekarang ini, lanjut Najeri.

“Kami upayakan untuk bisa memperluas lahan TPA yang masih satu lingkungan dengan TPA lama karena letaknya yang cocok,” ujarnya.

Kondisi geografis HSU yang banyak rawa cukup kesulitan untuk mendapatkan areal baru, dimana saat musim penghujan akan dipenuhi air sehingga cukup kesulitan untuk bisa mendapatkan area baru.

Menurut Najeri Lahan yang ada saat ini sudah tepat karena letaknya berada cukup jauh dengan pemukiman.

Dan merupakan daerah daratan sehingga saat membuat lubang untuk pembuangan sampah tanahnya bisa digunakan untuk pengurukan.

“Posisi TPA yang ada saat ini juga cukup tinggi sehingga aman dari ancaman musibah banjir”, bebernya. (nov/K-6)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya