Harga Haruan Masih Bertahan Rp70.000 Perkilo

Aisyah penjual ikan kawasan Pasar Lama menambahkan, ada penurunan penjualan setiap harinya yang bisa terjual dari 40 kiloan ikan sungai segar sekarang turun hanya 25 kiloan saja lagi seperti Ramadhan ini karena harga ayam ras murah per ekornya.

BANJARMASIN, KP – Dengan alasan pasokan yang belum normal hingga sejak awal puasa ini harga ikan sungai haruan dan sejenisnya masih bertahan tinggi.

Dari penjelasan para pedagang Senin kembali naiknya ikan sungai karena terus mulai berkurangnya pasokan ikan tersebut dibeberapa daerah penghasil harga ikan sungai kawasan Batola, Martapura hingga Banua Enam.

Salman penjual ikan sungai Pasar Teluk Dalam blok dalam ini kepada wartawan mengatakan, harga ikan sungai hingga bulan ini masih bertahan tinggi seperti ikan haruan ukuran besar dijual Rp70,000,- ukuran kecil dijual Rp40,000,- per kilo ini ikan paling banyak dicari warga hingga penjual masakan siap saji setiap harinya.

Begitu juga dengan ikan papuyu dijual Rp60,000,- per kilonya, ikan kapar Rp35,000,-, ikan biawan hingga mencapai Rp40,000,-, serta ikan lais sungai Rp40,000,-

“ Naiknya harga ikan sungai ini berpengaruh pada penjualan yang mulai menurun daya beli dari masyarakat kecuali para penjual pedagang makanan siap saji tidak berpengaruh besar karena mereka bisa mengecilkan potongan ikannya hingga menaikkan harganya,” jelas Salman.

Berita Lainnya
1 dari 451
Loading...

Aisyah penjual ikan kawasan Pasar Lama menambahkan, ada penurunan penjualan setiap harinya yang bisa terjual dari 40 kiloan ikan sungai segar sekarang turun hanya 25 kiloan saja lagi seperti Ramadhan ini karena harga ayam ras murah per ekornya.

Dalam kondisi normal permintaan ikan haruan, papuyu semua ukuran, lais hingga biawan  sangat tinggi karena ikan ini paling disukai warga Banjarmasin karena dagingnya yang empuk dan manis bisa terjual hingga 40 kilo lebih per harinya namun dengan harga kembali naiknya omzet penjualan menurun.

Sani penjual ikan sungai dan ikan laut di Pasar Kuripan menjelaskan selain naiknya sungai ikan haruan, kapar, seluang, papuyu juga diikuti naiknya ikan laut.

Dijelaskan, untuk ikan haruan besar dijual Rp60,000 sampai Rp70,000,- per kilo untuk yang kecil dijual Rp40,000,- perkilo ada kenaikan Rp7000 lebih per kilonya termasuk ikan papuyu naik menjadi Rp60,000,- perkilo, kapar, Rp25,000,-. lele Rp25.000,- naiknya ikan sungai ini karena dipengaruhi air pasang cukup dalam sehingga tanggapan berkurang.

“ Kami pedagang terpaksa menaikan karena ketika membeli dipara pengumpul harganya sudah naik,” jelas bapak 2 cucu ini.

Lili penjual makanan siap saji dikawasan Pasar Lama menjelaskan, kondisi ini selalu terjadi setiap tahun ketika memasuki puasa ikan sungai dan laut selalu berkurang karena nelayan pencari ikan kesulitan mendapatkan tangkapan yang banyak karena cuaca saat ini.

“ Jadi saat ini, antara pasokan dan permintaan sudah tidak seimbang lagi, sedangkan permintaan ikan laut maupun sungai dan tambak dikota ini cukup tinggi,berakibat harganya naik,”ujarnya , mencoba menerangkan. (hif/K-1)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya