Jadwal PON XX belum ada Putusan untuk ditunda

248

Ada isu beredar di kalangan masyarakat olahraga, PON XX Papua yang dijadwalkan Oktober 2020, kemungkinan ditunda. Menurut Dispora Kalsel dari komfirmasi dengan Kemenpora, belum ada rencana penundaan, semua on schedule.

BANJARMASIN, KP – Pandemi virus korona (Covid-19) yang saat ini terus mewabah berbagai Negara di dunia, telah membuat gelaran Olimpiade Tokyo, balap motor terbesar di dunia MotoGP, hingga even olahraga besar lainnya seperti kompetisi sepakbola Liga Erofa dan Liga Champions, harus ditunda untuk waktu yang belum bisa dipastikan.

Penundaan itu sendiri bertujuan untuk menjaga keselamatan manusia, mengingat sudah banyaknya korban meninggal dunia maupun masih dalam perawatan intensif dan diisolasi.

Dari hal itu muncul pertanyaan bagaimana gelaran multi event olahraga tanah air juga yang akan digeber tahun ini di Papua, PON XX bulan Oktober 2020.

Melihat kondisi terkini terkait virus korona, Pekan Olahraga Nasional 2020 itu belum lama tadi diisukan batal digelar atau gelarannya sendiri harus ditunda.

Namun informasi tersebut tersebut dibantah oleh Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispsora) Provinsi Kalimantan Selatan. Melalui Kepala Bidang Pembinaan Olahraga Prestasi, Dispora Kalsel menyebut jika hingga saat ini belum mendapat kepastian akan adanya wacana pembatalan PON XX di Papua.

“Terkait kabar PON batal digelar sampai saat ini belum ada, memang kemarin sempat dengar dan kita konfirmasi ke pusat, namun masih belum ada keputusan, saat ini masih on schedule,” kata Fitri Hernadi, Kabid Pembinaan Olahraga Prestasi Dispora Kalsel, dihubungi Selasa (31/3/2020) kemarin.

Direncanakan PON Papua ini sendiri akan digelar pada 20 Oktober 2020 yang pelaksaanaannya disebut sebagai PON terlama selama helatan pesta olahraga terbesar tanah air.

Beberapa waktu sebelumnya, Ketua penyelenggara Kejuaraan Nasional PORSENI (Pekan Olahraga dan Seni) Poliban 2020 di Banjarmasin, DR.H Agus Febrianto,SE, MSi memaparkan event yang mendapatkan dukungan dari Gubernur Paman Birin, mengalami penundaan karena adanya wabah Virus Corona yang melanda seluruh dunia.

Menurut Agus Febrianto kepada ‘Kalimantan Post’ di Banjarmasin, disela acara Sosialisasi Penghargaan Atlet yang digelar Dispora Kalsel, di Hotel Rattan Inn belum lama tadi, penundaan Porseni Poliban yang semestinya digelar bulan Maret 2020 ini, tidak bisa dipastikan kapan akan dilaksanakan. Sama seperti even-even nasional lainnya yang mengalami penundaan dengan waktu yang tidak menentu.

‘’Saya perkirakan semua even nasional di Indonesia, pelaksanaannya akan mengacu pada penyelenggaraan PON (Pekan Olahraga Nasional) yang merupakan ajang multi even Indonesia,’’ kata Agus.

Menurut Agus yang juga pengurus PB PGSI (Persatuan Gulat Seluruh Indonesia) dan PGSI Kalsel, bila PON bisa dilaksanakan dengan jadwal bulan Oktober 2020 mendatang, maka even nasional lainnya juga bisa dilaksanakan sebelumnya atau sesudahnya, pungkasnya. (rel/nfr/k-9)

Loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya