UMKM Harus Diselamatkan Ditengah Dampak Corona

Banjarmasin, KP – Anggota komisi IV DPRD Kota Banjarmasin, Taufik Husin mengemukakan keprihatinnya, menyusul mewabahnya pandemi Virus Corona (Covid-19) sangat berdampak terhadap hampir di hampir semua sektor bidang usaha, tidak terkecuali Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Menyikapi dampak tersebut, ia meminta baik Pemerintah pusat maupun Pemko Banjarmasin ditengah upaya dan kerja keras untuk mempercepat penanganan virus corona, tidak mengambaikan bantuan kepada UMKM .

“ Seperti bantuan permodalan agar UMKM di kota ini terselamatkan dan bisa masih bertahan di tengah penyebaran Virus Corona,“ ujar anggota legislative dari F-PDIP ini.

Kepada {KP}, Taufik mengemukakan, saat ini pandemic virus corona begitu cepat mendorong resesi ekonomi hampir di banyak negara, termasuk Indonesia menyusul himbauan pemerintah agar masyarakat tinggal di rumah untuk mencegah dan mengantisipasi agar penyebaran virus corona tidak tambah parah.

Berita Lainnya
1 dari 1.384
Loading...

Akibatnya , proses kegiatan produksi yang dijalankan pun menjadi terganggukarena karyawan yang diperkejakan untuk memenuhi himbauan itu banyak yang tinggal di rumah atau diliburkan. Belum lagi dampak daya beli masyarakat yang menurun drastis lantaran takut ke luar rumah.

“ Buntutnya membuat pelaku bisnis UMKM akhirnya tidak mampu mendongkrak produksinya lantaran pasar menjadi lesu.,” ujarnya.

Menurutnya, kebijakan paling buruk yang mungkin diambil UMKM adalah dengan merumahkan atau melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK). Jka keputusan ini harus diambi katanya, maka angka pengangguran di Banjarmasin akan semakin bertambah.

Guna mengantisipasi permasalahan sebagai dampak penyebaran virus corona tersebut, Taufik Husin berpendapat, perlu kiranya di antisipasi baik oleh pemerintah maupun Pemko Banjarmasin dengan menyiapkan langkah dan kebijakan yang tepat.

“ Masalah, jika masalah pengangguran dan kemiskinan semakin bertambah akibat dampak penyeberan virus corona ini, saya khawatir maka Kota Banjarmasin menghadapi permasalahan yang semakin sulit teratasi,” demikian kata taufik Husin. (nid/K-3)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya