Walikota Luncurkan Aplikasi Tracking Covid-19

115

Banjarmasin, KP – Pemerintah Kota Banjarmasin, telah merilis atau melauncing aplikasi berbentuk website untuk tracking Covid-19 atau Virus Corona di Banjarmasin. Aplikasi tersebut di luncurkan secara resmi oleh Walikota Banjarmasin, H Ibnu Sina pada hari Selasa (7/4), saat konferensi pers bersama awak media di Balaikota Banjarmasin, terkait perkembangan Covid-19 di Banjarmasin.

“Aplikasi tersebut dibuat oleh Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Kota Banjarmasin, dan dapat diakses secara real-time dan diupdate secara periodik oleh Diskominfotik Banjarmasin. linknya adalah corona.banjarmasinkota.go.id,” terang H Ibnu Sina.

Lanjutnya Ibnu menyampaikan, langkah tersebut adalah bagian dari upaya Pemko Banjarmasin untuk lebih transparan dalam menyampaikan informasi terkait perkembangan Covid-19 di Banjarmasin, dan tentunya memberikan informasi langkah apa saja yang telah dilakukan Pemko Banjarmasin dalam penanganan dan penanggulangan Covid-19.

Tujuaannya jelas, agar informasi yang diberikan melalui website ini bisa diakses secara langsung oleh siapa saja. Bahkan data yang ditampilkan itu secara komprehensif dari tingkat Kelurahan, rencanya juga bakal dikembangkan sampai ketingkat RT.

“Jadi di website tersebut bisa melihat jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP), Orang Tanpa Gejala (OTG), Pasien Dalam Pengawasan (PDP) per kelurahan,” jelasnya.

Kemudian penyelenggaraan surveilans terkait Covid-19 melalui situs ini meliputi pengumpulan data, pengolahan data, analisis data, dan diseminasi untuk menghasilkan informasi objektif dan terukur. Sehingga setiap saat, antar waktu, antar wilayah dan antar kelompok masyarakat dapat diperbandingkan.

Berita Lainnya

Ketua Dewan Bantu APD Korem 101/Antasari

Bank Kalsel Berbagi Sembako Pada Jurnalis Join

Tambahnya, dalam website tersebut juga ada informasi yang lebih informatif dan atraktif. Terutama ada formulir kuesioner sebagai alat pelaporan dan pemantauan mandiri bagi masyarakat kota Banjarmasin.

“Warga bisa melaporkan dirinya secara mandiri dalam aplikasi tersebut, bahkan warga juga bisa membantu tetangganya untuk melaporkan jika ada permintaan dari orang yang bersangkutan,”bebernya.

Selain itu, aplikasi tersebut juga dapat memberikan informasi data terkini berisi data OTG, ODP, PDP, pasirn positif, sembuh, dan meninggal yang ditampilkan secara real. “Kemudian juga ada informasi geografis berdasarkan titik koordinatnya, dengan gejala di mana saja, posisi-posisi yang masuk kategori ODP, OTG, PDP dan seterusnya,” jelasnya.

Yang paling penting, juga tersedia informasi terkait dengan pencegahan, kemudian juga ada protokol penanganan dan juga informasi tentang tugas-tugas pada masing-masing Kelurahan di Banjarmasin. Kemudian juga ada SOP (Standar Operasional Prosedur) penanganan Covid-19.

Informasi pengumuman pemerintah terkait dengan Covid-19 juga bisa dilihat, dan juga ada call center yang ada nomor teleponnya juga nomor di aplikasi tersebut, yakni sebagai berikut 0811 8835 566, 0853 4994 1818, dan 0853 4994 7373. sudah terhubung ke aplikasi WhatsApp.

Tutupnya, orang nomor satu di kota seribu sungai itu berharap, dengan di luncurkannya website tracking Covid-19 ini bisa memberikan informasi yang lebih kepada warga Kota Banjarmasin. kemudian kami berharap dengan di rilis nya website tracking Covid-19 kota Banjarmasin ini bisa memberikan informasi yang lebih kepada warga kota Banjarmasin. (vin/K-3)

Loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya