Bupati Serahkan BST Bagi Warga Terdampak Covid-19

Tanjung, KP – Dengan didampingi oleh Wakil Bupati Tabalong Drs H Mawardi M.Si, dan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Sosial Dan Camat Tanjung, Bupati Tabalong Drs H Anang Syakhfiani M.Si, serahkan Bantuan Sosial Tunai (BST), pada masyarakat yang terdampak pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Penyerahan yang dilakukan secara bertempat di Kantor Pos Tanjung belum lama tadi tersebut dilakukan secara simbolis diberikan pada tiga orang perwakilam penerima bantuan. BST disalurkan selama 3 bulan, terhitung sejak April, Mei dan Juni. Setiap bulannya, setiap keluarga penerima manfaat, mendapatkan uang sebesar 600 ribu rupiah.

Bupati Tabalong Anang Syakhfiani dalam sambutannya mengatakan, bahwa penyerahan tersebut adalah awal penyaluran BST di Kabupaten Tabalong, “penyerahan BST simbolis ini merupakan tanda dimulainya penyaluran BST dari Kementerian Sosial di Tabalong.  Sebanyak lebih dari 7 ribu KPM akan menerima bantuan ini, sebagian merupakan data dari Kemensos, sedangkan sebagian lainnya merupakan penerima yang diusulkan pemerintah daerah,” ujarnya.

”Sebelumnya kita hanya mendapatkan alokasi 5221, tetapi kita usulkan kembali kita sampaikan permohonan Kementerian Sosial, alhamdulilah disetujui 7.675 orang,” sebut Anang.

Menurut Anang, tujuan bantuan sosial tunai ini untuk membantu warga masyarakat Kabupaten Tabalong yang terkena dampak penyebaran virus corona atau Covid-19,” ungkap Anang dalam sambutannya hari itu.

Warga Kelurahan Tanjung, yang merupakan salah satu penerima BST di Kabupaten Tabalong adalah Mansyah yang setiap harinya bekerja sebagai buruh di Pasar Tanjung. Namun sejak terjadinya pandemi yang menyebabkan aktivitas pasar sepi, penghasilannya berkurang drastis. Sehingga ia merasa terbantu dengan adanya BST, untuk memenuhi kebutuhan dasar keluarga. “dengan adanya bantuan ini, sangat membantu saya dalam memenuhi kebutuhan rumah tangga,” sebut Mansyah.

Berita Lainnya
1 dari 173
Loading...

BST yang berupa uang Rp600.000,- diberikan untuk warga yang terdampak pandemi Covid-19, tidak hanya bagi yang terdampak langsung, tetapi juga bagi mereka yang terdampak secara ekonomi. Masyarakat pun diimbau utuk terus mematuhi protokol kesehatan, untuk memutus rantai penyebaran covid-19.

Terhitung sejak 11 Mei 2020 lalu, Kantor Pos Tanjung mulai menyalurkan BST yang berasal dari Kementerian Sosial. Bantuan yang disalurkan bagi warga terdampak Covid-19 ini, dipastikan sesuai protokol pencegahan virus corona.

Pasalnya Kantor Pos Tanjung telah menetapkan jadwal penyaluran per wilayah. Selain itu penyaluran juga dilakukan melalui sejumlah kantor pos yang ada di kecamatan serta melalui kantor kecamatan.

Untuk Kecamatan Tanjung, penyaluran BST dilakukan melalui kantor pos tanjung sejak 11 hingga 14 mei. Sedangkan untuk kecamatan Upau melaui kantor kecamatan pada 16 Mei, dan kecamatan Tanta dari 18 hingga 19 Mei. Untuk kecamatan murung pudak, penyaluran dilakukan melalui kantor Pos Cabang Murung Pudak, dari 12 hingga 16 Mei.

Kepala Kantor Pos Cabang Tanjung, Hairujiansyah mengatakan, saat mengambil BST di Kantor Pos, warga diwajibkan membawa KTP dan Kertas Undangan. Sedangkan pengambilan yang diwakilkan dapat menyertakan kartu keluarga yang tercantum nama pengambil.

”KTP asli kalau misalnya kepala keluarga yang tidak bisa boleh diambil oleh yang lain yang ada di kartu keluarga dengan membawa kartu keluarga juga,kalau yang bukan kepala keluarga misalnya ada anak y yang berhalangan kalau misalnya berhalangan juga mungkin nanti setelah proses pembayaran yang terjadwal kami tunggu dulu, jadi bawa undangan itu berlaku untuk tiga bulan.” Ucap Hairuji

Hairujiansyah menjelaskan, penyaluran kali ini merupakan penyaluran untuk bulan pertama, yaitu bulan april. Sedangkan penyaluran untuk bulan mei dan juni diperkirakan akan disalurkan langsung untuk dua bulan. (ros/K-6)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya