Meski 0 Covid-19 Warga Tabalong Diminta Tetap Gunakan Protokol Kesehatan

927

Tanjung, KP – Sejak dinyatakan nol penderita positif Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) di Kabupaten Tabalong, aparat tetap ingatkan warga untuk memberlakukan protokol kesehatan untuk menghindari sebaran di wilayahnya.

Di tengah pandemi covid-19, terutama menjelang hari raya idul fitri 1441 hijriah lalu pasar tanjung dipadati oleh para pengunjung yang ingin memenuhi kebutuhan saat hari raya idul fitri.

Menyikapi hal tersebut, satuan sabhara polres tabalong, kodim 1008, beserta jajaran melakukan operasi peringatan kepada masyarakat, tentang pentingnya menjaga protokol kesehatan, seperti menggunakan masker, cuci tangan, dan menjaga jarak.

Tidak sedikit masyarakat yang belum mematuhi protokol kesehatan saat berbelanja di pasar, baik pedagang maupun pembeli. Oleh sebab itu satuan Sabhara Polres Tabalong, Kodim 1008, beserta jajaran, selalu menghimbau dan memperingatkan masyarakat, agar terhindar dari penularan virus corona.

Kasat Sabhara Polres Tabalong Iptu Raka, menyayangkan banyaknya masyarakat yang masih tidak disiplin. Ia mengatakan meski tabalong saat ini nol kasus positif Covid-19, masyarakat harus tetap waspada. Ia meminta agar kondisi kasus nol positif ini, jangan menjadikan masyarakat lengah terhadap protokol kesehatan, dan selalu menggunakan masker.

“Selama ini kami memberikan teguran agar mempergunakan masker, terutama dalam beraktivitas ke luar rumah. Kita himbau, karena masyarakat belum sadar sepenuhnya, kita dari pihak kepolisian dan TNI hanya sebatas menghimbau, mengajak kepada masyarakat. Ayo kita sama-sama menajaga, karena keselamatan masyarakat tidak bisa hanya bisa membutuhkan TNI Polri, dan pemerintah daerah, tapi juga harus ada kesadaean dari masyarakat itu sendiri. Jadi mohon kepada stakeholder instansi terkait yang mempunyai kewenangan bidang ini tolong sama-sama kita menghimbau kepada masyarakat. Jangan kita lengah,”  Kata Iptu Raka.

Masih terkait pencegahan sebaran Covid-19 di Kabupaten Tabalong, Bupati Tabalong Drs H Anang Syakhfiani M.Si, kembali mengeluarkan Surat Edaran, tertanggal 27 Mei 2020, nomor B.304/Setda/Kesra/400/05/2020, yang berisikan sehubungan dengan adanya penyebaran Covid-19 yang terjadi di seluruh wilayah khususnya di Kabupaten Tabalong, maka kami menghimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Tabalong untuk melaksanakan shalat taubat dan sholat hajat secara serempak, yang dilaksanakan pada hari kamis (28/5) ba’da maghrib yang bisa dilaksanakan secara individual dan berjamaah bersama keluarga di rumah masing-masing dan tetap dilakukan disertai upaya mencegah penyebaran Covid-19, sesuai protokol kesehatan dari pemerintah yaitu sebagai berikut, yaitu

Berita Lainnya
Loading...

1) sebelum berwudlu terlebih dahulu mencuci tangan dengan sabun dengan air mengalir.

2) Memakai masker dan tutup mulit yang standar.

3) Bagi yang berjamaah supaya diatur shaf dengan jarak lebih kurang satu meter, dan supaya memakai sajadah masing-masing.

4) Bagi mereka yang merasa kurang sehat disarankan melaksanakan seccara individual.

Sebelumnya, Bupati Tabalong juga telah mengeluarkan edaran tertanggal 26 Mei 2020, tentang kewajiban menggunakan masker pada saat bekerja bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Tabalong yang berisikan dalam rangka pencegahan dan untuk meminimalisasi penyebaran Covid-9, dengan ini disampaikan,

1) bagi ASN wajib menggunakan masker ketika berada atau berkegiatan di luar rumah apalagi di tempat bekerja.

2) Bagi perangkat daerah yang melaksanakan pelayanan agar menetapkan kewajiban memakai masker bagi masyarakat yang inngin mendapatkan pelayanan.

3) Bagi ASN yang tidak menggunakan masker sesuai ketentuan di atas, akan dikenakan sangsi sesuai ketentuan dan peraturan yang berlaku, dan

4) ASN agar tetap mengutamakan berada di rumah, menjaga jarak aman dan hindari keramaian, sering mencuci tangan dengan sabun, melaksanakan etika batuk dan bersin, perbanyak mengkonsumsi sayur dan buah, rajin berolahraga dan istirahat yang cukup serta berjemur selama 10-15 menit pata jam 10.00 WITA. (ros/K-6)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya