Dewan Soroti Persiapan Protokol Kesehatan Pilkada

Banjarbaru, KP – Wakil Ketua DPRD Kalsel, M Syaripuddin menyoroti kesiapan penerapan protokol kesehatan pada pemungutan suara Pilkada serentak, yang dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19.


“Penerapan protokol kesehatan ini memerlukan kesiapan semua pihak, terutama pada hari pemungutan suara,” kata Syaripuddin, saat mendampingi Komisi I DPRD Kalsel melakukan monitoring persiapan Pilkada di Kota Banjarbaru dan Kabupaten Banjar, kemarin.


Penyelenggaraan Pilkada di tengah pandemi Covid-19 memerlukan kesiapan pihak, baik pemerintah daerah, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalsel maupun kabupaten/kota dan stakeholder terkait, termasuk tim gugus tugas dan bakal calon kepala daerah.


“Khususnya perhatian terhadap ketersediaan alat protokol kesehatan pada 9 Desember mendatang,” tambah Bang Dhin, panggilan akrab M Syaripuddin.

Berita Lainnya
1 dari 117
Loading...


Hal ini agar pelaksanaan Pilkada dapat berjalan dengan aman dan lancar, serta tidak menimbulkan cluster baru setelah pelaksanaan Pilkada serentak.


“Tugas Pilkada berbeda dengan tugas sebelumnya, karena merupakan tugas bersama untuk mengatasi penyebaran Covid-19,” jelas politisi Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan.


Untuk itu, Bang Dhin juga mengingatkan kepada bakal calon kepala daerah yang akan bertarung pada Pilkada mendatang bisa membantu melakukan sosialisasi protokol kesehatan, terutama kepada pendukungnya, termasuk menyediakan alat pelindung diri (APD) kepada para saksinya.


“Yang paling penting, para bakal calon juga menyiapkan APD untuk para saksinya di TPS,” ujar Bang Dhin.


Ketua Komisi I DPRD Kalsel, Hj Rachmah Norlias menambahkan, bahwa banyak hal yang didapatkan dari KPU dan Bawaslu Kabupaten/Kota, yang kemudian akan menjadi bahan masukan penting dan dibahas dalam rapat komisi.


“Hasil monitoring ini akan dibahas di komisi dan disampaikan kepada KPU Kalsel dan Gugus Tugas Penaganan Covid-19,” kata politisi Partai Amanat Nasional (PAN). (lyn/KPO-1)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya