Sekda HSS Ikuti Vicon Terkait Lomba Inovasi Daerah

Kandangan, KP – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten HSS Muhammad Noor, mengikuti kegiatan video conference (Vicon), terkait lomba inovasi daerah dalam penyiapan tatanan normal baru produktif dan aman Covid-19, Jumat (29/5/2020) sore di ruang Media Center Sekretariat Daerah Kabupaten HSS.

Vicon itu, Sekda Muhammad Noor didampingi Kepala Bekeuda Nanang Farurazi Muhammad Noor, dan Kepala Bapelitbangda M Arliyan Syahrial, beserta Kepala SOPD terkait lainnya.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Republik Indonesia (RI), Muhammad Tito Karnavian dalam vicon itu menjelaskan, lomba inovasi daerah terbagi 4 kategori wilayah. Yakni provinsi, kota, kabupaten zona hijau, dan kabupaten zona merah.

Tito menyebutkan, pihaknya menyiapkan hadiah berupa uang yang berasal dari Dana Insentif Daerah (DID) dengan total sebesar Rp 164 milyar.

Juara 1 akan mendapatkan dana 3 milyar rupiah, juara 2 mendapatkan dana 2 milyar rupiah dan juara 3 mendapatkan dana 1 milyar rupiah. Masing-masing kategori wilayah dibagi lagi menjadi 7 kategori lomba. 

Setiap daerah diminta membuat inovasi, yang dibuktikan dengan video maksimal 2 menit. Aspek dan bobot penilaian, diantaranya sesuai dengan protokol Covid-19 dengan bobot penilaian 40 persen, mudah dilaksanakan oleh masyarakat dan ditiru oleh daerah lain dengan bobot penilaian 30 persen, memiliki kebaruan dan kreativitas yang kuat dengan bobot penilaian 20 persen, serta ada unsur kerjasama dan kolaborasi dengan bobot penilaian 10 persen.

Berita Lainnya
1 dari 285
Loading...

“Penilaian akan dilaksanakan 9-12 Juni 2020, dan pengumuman pemenang pada 15 Juni 2020,” ungkapnya.

Terkait Covid-19, Tito mengatakan upaya mengatasi penyebaran Covid-19 tidak akan bisa dalam waktu pendek.

Masyarakat Indonesia pesannya, hendaknya segera melakukan penyesuaian terhadap tatanan normal baru yang produktif namun aman dari penyebaran Covid-19.

“Kita ingin masyarakat bisa segera beraktivitas dengan tatanan baru, namun aman dari corona dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan,” ucapnya.

Mantan Kapolri itu, mendorong agar daerah berlomba-lomba membuat inovasi kebijakan daerah, untuk melaksanakan tatanan normal baru namun aman dari Covid-19 dan tetap melaksanakan protokol Kesehatan. 

Menteri Keuangan Republik Indonesia (RI) Sri Mulyani Indrawati, turut mengikuti vicon itu dan mengaku akan mendukung program lomba inovasi dari Kemendagri tersebut. (tor/K-6)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya