Ditengah Pademi Dewan Serap Aspirasi Dampak Covid-19

Guna membantu dan mencegah covid-19 dalam kegiatan reses aspirasi para konstituen tidak disampaikan secara lisan, melainkan tertulis dan diserahkan kepada anggota dewan selaku wakil mereka untuk diperjuangkan.

BANJARMASIN, KP – Mengemban tugas ditengah pandemi wabah virus corona (Codi-19), 45 anggota DPRD Kota Banjarmasin kembali melaksanakan reses.

Kegiatan anggota dewan untuk menyerap aspirasi masyarakat tetap mengikuti anjuran pemerintah dengan menerapkan protokoler kesehatan itu dilaksanakan selama tiga hari dari tanggal 9 hingga 11 Juli.

Seperti hari pertama pelaksanaan reses yang dilaksanakan anggota dewan daerah pemilihan (dapil) Kecamatan Banjarmasin Timur, Kamis (9/7/2020) kemarin.

Guna mencegah pandemi virus coroba, dalam kegiatan reses aspirasi para konstituen tidak disampaikan secara lisan, melainkan tertulis dan diserahkan kepada anggota dewan selaku wakil mereka untuk diperjuangkan.

Pelaksanaan reses mengambil tempat di Aula Kecamatan Banjarmasin Timur ini, anggota dewan dalam menyerapkan aspirasi masyarakat tidak dilakukan serentak, tetapi secara bergiliran . Untuk satu sesi pertemuan sekitar 15 menit masing-masing satu anggota dewan menemui konstituennya yang menyerahkan aspirasi mereka.

Pertemuan menyerap aspirasi masyarakat ini anggota dewan dari dapil Kecamatan Banjarmasin Timur juga menghimbau agar konstituen mereka mematuhi aturan dan petunjuk terkait penanganan dan pencegahan Covid-19.

Bahkan dalam reses kali ini selain masalah usulan pembangunan insfatruktur, kesehatan dan pendidikan, hal lain paling banyak mengemuka aspirasi disampaija warga adalah soal bantuan sosial.

Masalahnya, karena masa pandemi virus corona banyak berbagai usaha dan perekonomian warga yang terkena imbasnya. Menyikapi dampak luar biasa dari pandami virus corona ini tentunya bukan hanya menjadi perhatian pemerintah, tapi harus menjadi perhatian semua pihak.

Berita Lainnya

Metode pembelajaran Inovatif Kunci ABK

Guru dan Penulis Tanbu Apresiasi e-book iKalsel

1 dari 1.398
Loading...

“Terutama membantu usaha masyarakat kecil dan menengah (UMKM), sebab selama virus corona usaha mereka banyak terpuruk,” kata anggota dewan yang akrap disapa Lala ini.

Di tempat yang sama, legislator Abdul Gais juga mengemukakan, aspirasi warga lebih banyak menanyakan terkait tindakan konkrit dari pemerintah setempat tentang penanganan Covid-19.

“Selain aspirasi disampaikan terkait usulan perbaikkan infrastruktur,” ujarnya.

Khusus usulan perbaikkan infrastruktur Abdul Gais berharap, kiranya segera direalisasikan pihak Pemko Banjarmasin.

Sebelumnya ia mengakui, masih cukup banyak aspirasi warga yang disampaikan melalui reses hingga kini yang belum direalisasikan.

Apalagi lanjutnya, dalam tahun 2020 ini dimana di tengah kondisi sulit akibat dampak virus corona dikhawatirkan akan menambah deretan panjang aspirasi warga yang kemungkinan tertunda untuk direalisasikan.

” Meski demikian kami berharap terhadap usulan atau aspirasi warga yang sifatnya mendesak haruslah dijadikan skala prioritas,” kata Abdul Gais.

Sementara Harry Wijaya menjelaskan, hasil pelaksanaan reses ini akan menjadi rekomendasi DPRD untuk disampaikan ke Pemko dengan harapan agar ditindaklajuti.

Harry Wijaya yang juga Ketua DPRD Banjarmasin ini menegaskan, sesuai amanah diemban sudah menjadi kewajiban moral setiap anggota dewan menyerap aspirasi konstituen mereka dan warga untuk diperjuangkan serta direalisasikan. (nid/K-3)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya