Iklan
Iklan
Iklan
Banjarbaru

Covid 19 Momentum Percepatan Digitalisasi Pasar Kerajinan Menuju Industri 4.0

×

Covid 19 Momentum Percepatan Digitalisasi Pasar Kerajinan Menuju Industri 4.0

Sebarkan artikel ini
MUNAS DEKRANAS - Ketua Dekranasda Raudathul Wardiyah mengikuti Munas Dekranas 2020 secara virtual. (KP/Devi)

Banjarbaru,KP – Eny Apriyati Darmawan Jaya Setiawan mengikuti kegiatanMusyawarah Nasional Dekranas Tahun 2020 secara virtual, yang dilaksanakan di ruang center gedung KOminfo Kota Banjarbaru. Turut mengikuti munas secara virtual tersebut Ketua Dekranas Pusat Wury Ma’ruf Amin, dan 494 pengurus Dekranasda seluruh Indonesia.

Tema munas adalah “Segi positif pandemi covid 19 momentum percepatan digitalisasi pasar kerajinan menuju industri 4.0.”.

Android

Pada masa pandemi covid-19 ini memaksa semua orang untuk mengubah kebiasaan sebelumnya, dimana sebelumnya banyak masyarakat cenderung beraktivitas yang melibatkan kontak fisik secara langsung, kini beralih ke aktivitas tidak langsung, hal itu dilakukan sebagai upaya menjalankan protokol kesehatan agar terhindar dari virus covid-19, pandemi korona membawa dampak langsung pada sektor kerajinan secara signifikan.

Penjualan barang kerajinan selama ini dilakukan dengan cara bertemu langsung, dan belum optimal memanfaatkan teknologi digital. Maka, kondisi saat ini menjadi momentum yang sangat bagus untuk lebih optimal memanfaatkan teknologi digital.

Ketua Dekranas Pusat Wury Ma’ruf Amin menyampaikan perlunya para pengrajin untuk melakukan inovasi digital, misalnya dalam hal pemasaran dengan memanfaatkan platform online.

“Dengan pemanfaatan teknologi digital diharapkan dapat membuka peluang yang lebih luas dalam pemasaran produk kerajinan. Kita juga dapat membantu industri kecil menengah atau UKM dalam melakukan adaptasi dengan kebiasaan baru saat ini,” ujar Wury Ma’ruf, Rabu (19/08/2020).

Menindak lanjuti hasil Musyawarah Nasional Dekranas Tahun 2020, Dekranasda Kota Banjarbaru akan melaksanakan dan mensosialisasikan hasil dari Musyawarah Nasional Dekranas Tahun 2020, dan diharapkan hasil Musyawarah Nasional Dekranas Tahun 2020 ini dapat membawa dampak kemajuan bagi indstri kecil, menengah atau UKM yang ada di Kota Banjarbaru. (dev/K-3)

Iklan
Baca Juga:  Wakil Walikota Pimpin Rapat Penanganan Covid-19
Iklan