Fasilitas Lomba Kicau Burung dan Seni Tradisional ‘Balogo’ Dibangun

Kandangan, KP – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS), sedang membangun fasilitas serbaguna, di halaman Gedung Olahraga dan Seni (GOS) Aluh Idut Kandangan. Hal itu dimaksudkan untuk memfasilitasi perlombaan kicau burung, dan seni tradisional ‘balogo’.

Saat ini, sedang proses pembangunan untuk lantai dan atap permanen. Bangunan didesain khusus dengan atap yang bisa dimanfaatkan lomba kicau burung, dan lantainya untuk ‘balogo’.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kabupaten HSS, Tedy Soetedjo menjelaskan, pembangunan fasilitas itu merupakan permintaan komunitas pecinta burung berkicau.

Sebelumnya, pada 2018 lalu di halaman GOS Aluh Idut itu, sudah pernah digunakan sebagai tempat lomba kicau burung, namun bukan tempat permanen.

“Awalnya kita mengadakan lomba burung berkicau di tempat yang sama, namun tidak permanen. Kemudian ada komunitas dari lomba burung berkicau meminta agar diberikan tempat yang menetap,” jelas Tedy saat dikonfirmasi di ruang kerjanya, beberapa waktu lalu.

Selain itu tambahnya, komunitas seni olahraga tradisional ‘balogo’ juga meminta disediakan tempat khusus untuk berkegiatan.

Berita Lainnya
1 dari 292
Loading...

Berdasarkan permintaan itu, serta beberapa pertimbangan yang matang, maka 2020 mulai dibangun fasilitas serbaguna itu.

“Jadi, bagian atas pada bangunan itu nantinya bisa digunakan untuk lomba burung berkicau. Sedangkan lantainya bisa dipakai untuk balogo,” terangnya.

Pembangunan yang dimulai sejak 30 Juni 2020 lalu itu, menelan biaya sekitar 2 miliar rupiah. Diperkirakan, pembangunan akan rampung pada November 2020 ini juga.

“InsyaAllah November atau Desember sudah selesai. Kalau selesai, lomba burung berkicau dan Balogo langsung bisa digunakan,” ucapnya. 

Pihaknya juga akan menyesuaikan bangunan tersebut, agar dapat digunakan dalam lomba nanti. Hal itu, dalam rangka mempersiapkan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) 2020 yang dalam hal ini HSS terpilih sebagai tuan rumah.

“Kalau diperlukan untuk Porprov, kita sudah persiapkan juga di sana untuk lomba dance atau tari, nanti kita sesuaikan,” pungkasnya. (tor/K-6)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya