HSS Bangun Tugu Longa Manis di Telaga Langsat  

Kandangan, KP – Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Achmad Fikry, meletakan batu pertama pembangunan tugu yang akan menjadi ikon Desa Longawang, Kecamatan Telaga Langsat, Selasa (25/8/2020) pagi.

Tugu yang berada di pertigaan jalan desa itu, desainnya akan dibuat berbentuk singkong di atas nyiru. Singkong atau biasa disebut masyarakat ‘Gumbili’ yang melimpah di desa itu. Gumbili diolah masyarakat menjadi makanan tapai atau tape.

Tugu itu akan dinamai Longa Manis, yang merupakan nama kampung itu sebelum dimekarkan menjadi 3 desa, yakni Desa Pandulangan, Longawang dan Gumbil. Tugu itu akan menjadi simbol persatuan ketiga Desa itu. Longa Manis sendiri, diambil dari nama sebuah pohon yang kini sudah punah, yang ada di kampung itu.

Bupati HSS Achmad Fikry mengatakan, dibangunnya tugu Longa Manis diharapkan nantinya dapat menjadi daya tarik, bagi masyarakat maupun pengendara yang melintas di Desa Longawang. Hal itu juga akan menjadi kebanggaan, bagi masyarakat Desa Longawang

Berita Lainnya
1 dari 285
Loading...

Serta, tugu di pertigaan itu juga akan memperlancar jalannya lalu lintas.”Pembangunan tugu ini kita laksanakan untuk mempercantik dan memperindah lingkungan jalan. Dan ini juga di pertigaan, sehingga dapat lebih mengatur arus lalu lintas dipersimpangan,” tutur Achmad Fikry.

Achmad Fikry berpesan, setelah tugu selesai dibangun agar masyarakat juga turut andil dalam perawatannya. “Masyarakat agar aktif melaporkan apabila ada semisal lampu hiasnya yang rusak, sehingga bisa segera diperbaiki,” imbaunya.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup (Dispera KPLH) Kabupaten HSS, Muryadi menerangkan, tugu Longa Manis dibangun dengan anggaran Rp 198.978.000.

Dijelaskannya, pembangunannya akan dilaksanakan selama 90 hari. “Jadi diperkirakan akan selesai pada 24 Oktober mendatang,” ungkapnya.

Tugu Longa Manis ujarnya, dibangun untuk mengingatkan kembali, bahwa 3 desa yang kini ada berasal dari satu kampung yang telah dimekarkan. (tor/K-6)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya