Aksi Demo Koalisi LSM Kalsel di DPRD Tala


Pelaihari, KP – Aksi demonstrasi Koalisi LSM Kalimantan Selatan (Kalsel) terjadi di halaman depan gedung DPRD Kabupaten Tanahlaut (Tala) di kawasan Jalan A Syairani, Kota Pelaihari, Senin (19/10/2020).
Setelah menunggu beberapa menit Sekda bersama, Perwakilan DPRD dan Perwakilan Kajari Tala menemui pendemo dengan terbuka. Hal itu setelah pendemo menyuarakan aspirasinya didepan gedung DPRD Tala.
Menanggapi aspirasi pendemo, Sekda bahwa menyatakan persoalan penyegelan sementara pembangunan Pelaihari City Mall (PCM) di kawasan Jalan A Yani di wilayah Kelurahan Saranghalang telah dibahas bersama pada rapat dengar pendapat di gedung DPRD Tala, dua bulan lalu.
Saat itu Dahnial hadir mewakili Bupati dan pihak pengembang (manajemen PT Perintis Embee) dihadiri owner, H Mawardi, didampingi bagian legal. Sedangkan pihak DPRD dihadiri langsung oleh ketua, Muslimin.
“Saat itu sudah ditegaskan, silakan dilengkapi berkas perizinannya seperti IMB, izin lingkungannya, dan bayar PBB-nya. Tapi sampai sekarang tak kunjung diurus. Padahal jika itu diurus, selesai sudah masalahnya,” ucap Dahnial.
Edy Purwanto Perwakilan DPRD juga menanggapi aspirasi dari pandemo dengan menyebut bahwa kedepan nya kami akan bekerja lebih keras lagi dalam membangun Kabupaten Tanah Laut untuk lebih baik lagi.
Namun penjelasan dari Sekda belum memuaskan pendemo. Sehingga perdebatan bicara pun terjadi dari pihak pendemo yang menyuarakan bahwa pihak Perembe sudah pernah berupaya melengkapi berkas perizinan, namun kurang direspons institusi yang menangani perizinan.
Dahnial mengatakan “Saya tidak mau berdebat. Sekarang kami beri waktu sebulan. Jika tak diurus juga, kami akan bongkar. Satpol PP siap membongkar” ucap Sekda.
Suasana pun semakin kurang kondusif terasa sehingga membuat kerumunan pendemo merasa tidak nyaman lagi.
“Ayo balik, sudah, sudah saja. Sudah selesai aksi kita. Kita ini orang-orang terpelajar, tak perlu terpancing emosi,” ucap Aliansyah.
Pendemo kemudian bergerak meninggalkan lokasi demo. Mereka bergerak ke halaman samping Gedung Komisi. (Rzk/KPO-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya