Protokol Kesehatan Dominasi Pelanggaran Kampanye

Martapura, KP – Berdasarkan PKPU 13/2020, yang memungkinkan dilakukan kampanye adalah pertemuan terbatas, tatap muka, pemasangan Alat Peraga Kampanye (APK), debat publik, debat terbuka antar pasangan calon, penyebaran barang kampanye, penayangan iklan kampanye di media cetak, elektronik, sosial dan daring.

”Tahapan kampanye tersebut dimulai pada 26 September hingga 5 Desember, saat ini sudah berjalan selama 20 hari,” kata Ketua Bawaslu Banjar Fajeri Tamzidillah saat konferensi pers, pekan kemarin

Sementara terkait pengawasan pada tahapan pilkada, Koordinator Divisi Pengawasan Humas dan Hubal Bawaslu Banjar Hairul Falah menjelaskan, total masa kampanye oleh masing-masing paslon sekitar 71 hari, sehingga masa kampanyenya tersisa 51 hari lagi.

Jajaran pihaknya juga melakukan pengawasan metode kampanye, baik pertemuan terbatas, tatap muka dan dialog di 20 Kecamatan. Juga penyebaran bahan kampanye kepada umum, pemasangan alat peraga untuk kampanye serta pertemuan terbatas.

Berita Lainnya
1 dari 415

”Rata-rata pelanggarannya terkait protokol kesehatan Covid-19, pada pemakaian masker dan jaga jarak,” ungkapnya.

Hairul menambahkan, rekap Bawaslu Banjar pada kegiatan pertemuan terbatas di tingkat kecamatan dari 26 September hingga 7 Oktober lalu, total dilakukan 105 kali, sementara tatap muka dan dialog ada 85 kali.

Koordinator Divisi Penindakan Pelanggaran Bawaslu Muhammad Syahrial Fitri menambahkan, pihaknya sejak tahapan awal pelaksanaan pilkada hingga masa kampanye, sudah memproses penanganan pelanggaran, yakni 4 temuan dan 2 laporan.

Koordinator Divisi Hukum, Data dan Informasi Rizki Wijayakusuma mengimbau kepada para paslon dan tim pemenangan, untuk alat peraga, baliho, spanduk, stiker yang penempatannya tidak sesuai peraturan, agar bisa ditertibkan atau dipindah ketempat yang sudah diperbolehkan, sehingga tidak melanggar estetika dan keindahan. (Wan/K-3)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya