Bernostalgia, Mawardi Pimpin Olah Raga Sepeda Tua

Tanjung, KP – Selain sehat, olah raga bersepeda terutama sepeda tua, bisa mengenang nostalgia bagi mereka yang telah berada di usia dewasa sebab sepeda adalah salah satu alat transfortasi tempo dulu.

Hal itu, diungkapkan Wakil Bupati Tabalong Drs H Mawardi M.Si, dalam kegiatan bersepeda tua belum lama tadi di Tanjung.

Menurut Mawardi, bersepeda ini merupakan nostalgia bagi dirinya semenjak masih sekolah. “bersepeda seperti zaman Belanda tempo dulu merupakan alat transfortasi satu-satunya,” ujarnya.

“Kami Pemerintah Kabupaten Tabalong menyambut baik adanya komunitas sepeda yang ada di Tabalong. Mudah-mudahan dimasa yang akan datang komunitas seperti ini tetap ekses di Bumi Sarana Kawa,” demikian ungkap Wabup Tabalong ini.

Kegiatan olah raga dengan gowes sepeda tua tersebut dalam rangka menyemarakan olahraga bersepeda, khususnya olahraga bersepeda tua di Kabupaten Tabalong, turut berpartispasi dalam kegiatan tersebut, Wakil Bupati Drs H Mawardi M.Si, bersama sejumlah komunitas cub sepeda tua di bawah Persatuan Olahraga Sepeda Tua Indonesia (POSTI) Tabalong, dan Pederasi Olah Raga Rekreasi (PORMI) Tabalong.

Berita Lainnya
1 dari 198

Kegiatan olahraga bersepeda tua hari ini Selasa (03/11/2020) dilakukan Wakil Bupati Tabalong, H Mawardi bersama Club sepeda tua dari start kediaman rumah dinas di jalan Ratu Jaleha, dan finish di teras Kantor Pemerintah Kabupaten Tabalong di Jalan Pangeran Antasari.

Ahmat Syahrani selaku Ketua Persatuan Olahraga Sepeda Tua Indonesia (POSTI) Kabupaten Tabalong mengatakan, kegiatan bersepeda ontel bersama Wakil Bupati Tabalong ini menandai kebangkitan Posti yang merupakan perpanjangan dari komunitas yang dahalu yaitu Tabalong Ontel Club.

“Dengan kebangkitan ontel ini diharapkan paling tidak bisa melestarikan alat transfortasi yang pada zamannya itu adalah jaya,” katanya. ****

Terpisah, Ketua Umum (Ketum) Formi Tabalong Zubair Ahmed mengatakan bahwa kegaitan tersebut merupakan bagian kecil upaya untuk memberikan gairah semangat kepada komunitas sepeda tua di Kabupaten Tabalong agar terus bisa terus eksis, “Kami selaku pembina olah raga rekreasi masyarakat tentu berharap masyarakat kita bisa melakukan olah raga dimana saja dan kapan saja,” ujarnya.

Hadirnya Formi dalam kegiatan tersebut merupakan apresiasi terhadap aktivitas masyarakat, yang melestarikan olah raga atau permainan masa lalu seperti itu, kita juga mendorong agar olah raga dan permainan jaman bahari (tempoe doeloe) dan itu bisa dilakukan oleh generasi jaman sekarang. Sehingga masyarakat kita sehat, bugar, ceria dan luar biasa,” ujar Zubair. 

Selebihnya, Zubair mengungkapkan bahwa Formi bertugas untuk membina olah raga dan permainan tradisional dan budaya olah raga, tantangan dan rekreasi wisata, olah raga/senam kesehatan dan kebugaran yang bersifat hiburan masyarakat.

“Orientasinya bukan pada perolehan mendali, tapi lebih kepada partisipasi masyarakat, dengan memasyarakatkan olah raga dan mengolahragakan masyarakat,” demikian pungkas Ketua Formi Tabalong Zubair. (ros/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya