Iklan
Iklan
Iklan
Balangan

Target PAD Balangan Tercapai, Meningkat Jadi 104 Persen

×

Target PAD Balangan Tercapai, Meningkat Jadi 104 Persen

Sebarkan artikel ini

Paringin, KP – Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Balangan dilaporkan melebihi target pada tahun 2020 ini.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Kabupaten Balangan, Tamrin, Senin (23/11/2020) kemarin.

Android

Sebut Tamrin, dari target PAD Kabupaten Balangan pada tahun 2020 yakni berkisar Rp 66 m, saat ini realisasinya mencapai 104 persen. Yaitu jatuh pada kisaran angka Rp 6,9 m.

Ada peningkatan terhadap target yang ditetapkan. Hal itu sebutnya berkat dukungan para pegawai BKD Kabupaten Balangan yang akan terjun langsung dalam melakukan pendataan terhadap wajib pajak.

“Ada dua sumber pemasukan yang saat ini diterima Pemkab Balangan. Yakni pajak dan retribusi. Namun kami lebih meningkatkan terhadap pajaknya,” ucap Tamrin.

Dari dua sumber pemasukan yang ada, saat ini hasil retribusi mencapai Rp 10 miliar. Sisanya pendapatan bersumber pajak dari total Kisaran Rp 69 miliar.

Sedikitnya, ada 11 objek pajak yang menjadi pendapatan daerah bagi Pemkab Balangan. Di antaranya pajak restoran yang mendominasi pendapatan. Kemudian mineral bukan logam dan batuan (galian C), serta PBB.

Sumber pajak lainnya yaitu hotel, hiburan, penerangan jalan, pajak parkir, pajak sarang burung walet, pajak air tanah dan BPHTB.

Dalam peningkatan pajak itu pula jelas Tamrin, pihaknya membuat beberapa trik untuk wajib pajak. Dilakukan pula pembenahan data pajak yang ada di BKD Kabupaten Balangan. Di antaranya untuk PBB.

Kebijakan BKD Kabupaten Balangan ucap Tamrin ialah untuk mempertajam pemasukan dari pajak. Sementara untuk retribusi diminimalisir untuk mengurangi beban masyarakat.

Melalui pajak pula ucap Tamrin dapat menjadi indikator kemampuan ekonomi dari masyarakat. Baik itu perorangan atau lainnya. Tentunya dengan syarat yang memenuhi kualifikasi wajib pajak. (rel/K-6)

Iklan
Iklan