Besok, Jembatan Pulau Bromo Diserahterimakan. Bentang Utama Jembatan Ditutup Sementara

Banjarmasin, KP – Proyek Jembatan Pulau Bromo di Kelurahan Mantuil, Kecamatan Banjarmasin Selatan sudah hampir rampung.

Kepala Bidang (Kabid) Jembatan, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Banjarmasin, Rini Subiantari mengatakan, bahwa besok, Rabu (30/12) akan dilakukan serah terima pertama dari penyedia jasa atau kontraktor kepada pihaknya.

“Bukan peresmian tapi serah terima pertama. Untuk peresmiannya kemungkinan tanggal 4 Januari, menyesuaikan agenda Wali Kota, Ibnu Sina” ucapnya saat ditemui awak media di kantornya, Selasa (29/12) siang.

Menurutnya, setelah mega proyek yang menelan biaya sekitar Rp 40 M lebih itu diserahterimakan, maka untuk sementara bentang utama jembatan dicanangkan menjadi ikon baru dari Kota Banjarmasin itu akan ditutup untuk umum.

Berita Lainnya

DPRD Gelar Rapat Paripurna Istimewa

1 dari 3.586

Alasannya adalah untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, karena tidak ada lagi penjagaan dari pihak kontraktor, yang biasa melarang warga untuk tidak berdiri terlalu lama di bentang utama jembatan gantung.

“Kami khawatir kalau lama-lama berdiri dan banyak orang akan membahayakan. Namun kalau mau jalan lewat biasa saja,” tegasnya.

Meskipun sebenarnya, kekuatan bentang utama jembatan utama gantung tersebut mampu menahan beban maksimal hingga 5 ton.

Namun karena alasan keselamatan dan ada jeda waktu sekitar 5 hari antara serah terima dengan peresmian jembatan nantinya, maka perlu ada penjagaan sementara waktu terhadap infrastruktur yang belum dimanfaatkan itu.

“Nanti akan ada dua orang dari kontraktor untuk menjaga warga agar tidak naik ke bentang utama. Kita tutup total untuk sementara,” tambah PPTK Jembatan Dinas PUPR Kota Banjarmasin, Thomas Sigit Mugianto.

Bahkan menurut pria dengan sapaan Sigit itu, untuk memaksimalkan pengawasan, pihaknya akan melakukan koordinasi dengan aparat keamanan setempat, yakni Polsek Banjarmasin Selatan dan Satpol PP Banjarmasin untuk minta bantuan.

“Untuk di jalan pendekatnya dari arah Bromo atau Mantuil masih diperbolehkan,” tutup Sigit. (Zak/K11)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya