Bupati HSS Tanam Perdana Aren Genjah di Desa Jambu Hulu

Kandangan, KP – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS) memberikan bantuan bibit aren genjah, kepada Kelompok Tani (Poktan) Harapan Tani. Dilakukan tanam perdana secara simbolis oleh Bupati HSS Achmad Fikry, Selasa (1/12/2020) pagi di Desa Jambu Hulu Kecamatan Padang Batung.

Pada kegiatan itu, turut diserahkan bantuan bibit kelapa genjah, bibit karet ungul okulasi, bibit kayu manis, pupuk majemuk lengkap tablet (PMLT), dan herbisida, kepada 13 Poktan perkebunan yang tersebar di 12 desa dari 7 kecamatan di Kabupaten HSS.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten HSS Muhammad Noor menjelaskan, bantuan bibit tersebut dilakukan bertujuan untuk meningkatkan produksi dan produktivitas perkebunan. Terutama komoditas karet, kelapa ganjah, kayu manis dan aren.

“Dilakukan dalam rangka meningkatkan pendapatan masyarakat ,yang mengelola perkebunan sebagai mata pencaharian untuk memenuhi kebutuhan keluarganya,” terangnya.

Berita Lainnya
1 dari 503

Bupati HSS Achmad Fikry mengatakan, bantuan bibit tanaman tersebut merupakan upaya pemerintah untuk mendukung petani dalam berkebun, dalam mendorong kesejahteraan masyarakat.

Dijelaskannya, bantuan bibit yang di serahkan sesuai dengan potensi alam masing masing wilayah. “Di Desa Jambu Hulu kebetulan tanaman aren, di Kecamatan Loksado ada kayu manis, karet dan kelapa,” sebut Achmad Fikry.

Bupati Achmad Fikry berharap, yang diberikan pemerintah itu bisa dimanfaatkan dengan baik. Pada waktunya nanti ujarnya, akan menghasilkan sehingga meningkatkan pendapatan masyarakat.

Achmad Fikry mengapresiasi langkah yang dilakukan Dinas Pertanian HSS, diharapkannya dapat terus berinovasi dalam mengembangkan kearifan lokal petani di Kabupaten HSS.

Kegiatan tersebut turut dihadiri Kepala Dinas Ketahanan Pangan HSS Akhmad Mawardi, Kepala Dinas Perdagangan HSS Sudiono, dan Camat Padang Batung Heri Utomo. (tor/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya