Peluang Usaha Ikan Cupang di HSU Cukup Menjanjikan

JIMNY - Bersama teman-teman menggelar kontes ikan cupang. (KP/Ist)

Amuntai, KP – Ketertarikan terhadap keunikan dan keindahan dari Ikan Cupang ini nampaknya membuat pemuda yang satu ini ingin mencoba membuka usaha ikan yang saat ini ditengah Pandemi Covid 129 khususnya di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) yang dinilai memiliki peluang.

Pemuda ini adalah Jimny Setiawan, Warga Amuntai yang awalnya hanya iseng memelihara Ikan Cupang karena merasa tertarik dengan hewan air ini untuk mengisi kebosanan. Namun akhirnya menjadi usaha bagi dirinya.

“Awal nya sih iseng – iseng memilihara ikan cupang di rumah, terus melihat peminat ikan cupang di hsu cukup ramai dan penjual ikan cupang di HSU masih sedikit, maka ada niat untuk buka usaha jual ikan cupang” ucap Jimmy yang mengadakan Kontes ikan Cupang bersama dengan teman-temannya.

Kategori yang dilombakan mulai dari kelas crown tail, halfmoon dan plakat bebas. Penonton yang hadir juga bisa membeli ikan cupang dilokasi ini dengan harga mulai dari 20 ribu hingga 500 ribu, lanjut Jimy.

Ikan Cupang makin populer di tengah pandemi Covid – 19 saat ini di HSU. Banyak orang berinisiatif untuk memelihara ikan cupang untuk menghilangkan rasa bosan dan stres dikarenakan banyak kegiataan aktifitas hanya di rumah saja.

Tren ikan cupang hias relatif stabil dari waktu ke waktu, karena memiliki penggemarnya tersendiri. Selain Keindahan warna dan bentuk tubuhnya yang indah, ikan cupang dari segi pemeliharaan juga bisa terbilang mudah.

Berita Lainnya

Dinkes HSU Siapkan DFI Handal

1 dari 387

Kontes ikan cupang yang diselenggarakan Jimy yang baru pertama kali diadakan ini mengundang antusias cukup tinggi di kalangan masyarakat khusus di HSU.

Menurut Jimy untuk memulai bisnis ikan cupang tidak perlu modal yang terlalu besar hanya bermodal uang sekitar dua juta rupiah dan tidak perlu membuat tempat lahan yang besar sudah bisa mendirikan usaha ikang cupang.

“Bahkan untuk perawatan ikan cupang cukup terbilang mudah misalnya untuk mengganti air cukup dua kali dalam seminggu, sedangkan untuk makanya pun cukup memberi makan dua kali sehari”, ungkapnya.

Sementara itu, Husin, salah satu penggemar Ikan Cupang mengungkapkan, memelihara ikan hias di rumah termasuk Ikan Cupang merupakan sesuatu hiburan tersendiri saat menikmati santai bersama keluarga dirumah.

“Saat santai melihat keindahan ikan cupang di dalam Aquarium menjadi suasana hati senang,” ungkapnya.

Menurut Husin perawatan dari Ikan Cupang ini juga tergolong sangat mudah cukup rutin mengganti air dan memberi makan dua kali sehari. (nov/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya