Warga Kembali Diingatkan Patuhi Protokol Kesehatan

Pandemi Covid-19, telah berdampak pada berbagai bidang kehidupan, seperti bidang kesehatan, ekonomi, dan sosial. Pandemi tersebut juga telah merenggut banyak jiwa, termasuk para tenaga kesehatan. Karenanya warga kembali diingatkan untuk mematuhi protokol Kesehatan.

PALANGKA RAYA, KP — Plt. Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Habib Ismail Bin Yahya ingatkan kembali warga Kalteng patuhi protokol kesehatan covid 19.

Hal itu ia sampaikan saat membuka Rapat Kerja Bidang Kesehatan (Rakerbidkes) Tingkat Provinsi Kalteng Tahun 2020 di Aula Jayang Tingang, Lantai II kantor Gubernur, Kamis (3/12), yang mengangkat tema “Penguatan Promotif Preventif Kesehatan dalam Menghadapi Masa Pandemi Covid-19?.

Plt. Gubernur Habib Ismail Bin Yahya mengingatkan bahwa pandemi Virus Corona tersebut telah berdampak pada berbagai bidang kehidupan, seperti bidang kesehatan, ekonomi, dan sosial. Pandemi tersebut juga telah merenggut banyak jiwa, termasuk para tenaga kesehatan.

Untuk menanganinya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Tengah telah berkolaborasi dan bersinergi dengan seluruh pihak terkait sebagai upaya pencegahan dan pengendalian penyakit serta penguatan pelayanan kesehatan melalui peningkatan Sumber Daya Manusia, Gerakan Bersama Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS), penyediaan obat dan perbekalan kesehatan. Upaya ini terus dilakukan sampai dengan saat ini untuk mengendalikan penyebaran Virus Corona di wilayah Provinsi Kalimantan Tengah.

Diharapkan selama kepemimpinan pihaknya, dan seterusnya tidak ada masyarakat kurang mampu yang ditolak untuk mendapatkan pelayanan kesehatan karena tidak memiliki biaya

Pada tahun 2021, Pemprov Kalteng juga membayarkan iuran Penerima Bantuan Iuran (PBI) untuk 564.866 jiwa pemegang Kartu Indonesia Sehat (KIS).

Berita Lainnya
1 dari 503

Ia mengingatkan semua pihak, termasuk tenaga kesehatan dan masyarakat, mematuhi prokes covid 19 dengan 4 M. Sehingga segala upaya dan biaya yang digelontorkan pemerintah untuk penanganan Covid-19 tidak menjadi sia-sia.

Dijelaskan terkait melonjaknya kasus Covid-19 ini jadi perhatian Pemprov Kalteng, dan untuk APBD 2021, melalui APBD kembali mempersiapkan dana bagi penanganan Covid-19 melalui Biaya Tidak Terduga.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Kalteng dr. Suyuti Sayamsul mengemukakan Rakerbidkes Tahun 2020 bertujuan untuk meningkatkan pemahaman mengenai kebijakan program-program Pusat dan Provinsi sebagai acuan dalam mengevaluasi program dan kegiatan bidang kesehatan pada tahun 2021 di Kabupaten/Kota.p

Pembukaan Raker dirangkai dengan pengumuman pemenang lomba dan peraih penghargaan bidang kesehatan tingkat Provinsi Kalteng tahun 2020, seperti Lomba Video Profil Bidang Kesehatan dan Lomba Video Senam Peregangan Tingkat Kabupaten/Kota serta penghargaan dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI bagi perusahaan perkebunan sawit yang telah melaksanakan Gerakan Pekerja Perempuan Sehat Produktif (GP2SP) dan bagi Dinkes yang telah melakukan pembinaan GP2SP.

Hadir sebagai narasumber dari Kemenkes RI yang hadir secara virtual dalam Raker kali ini, yakni Sekretaris Ditjen Kesehatan Masyarakat, Sekretaris Ditjen Pelayanan Kesehatan, Dirjen Farmalkes, Sekretaris Badan PPSDM, serta Plt. Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit.

Raker juga diikuti Direktur RSUD Doris Sylvanus Palangka Raya dr. Yayu Indriyati serta peserta lintas sektor lainnya, seperti Kepala Wilayah BPJS Kesehatan Divisi Regional VIII, Direktur RSJ Kalawa Atei Palangka Raya, Kepala RS Bhayangkara Polri Palangka Raya, Kepala RS TNI Palangka Raya, Ketua Organisasi Profesi Kesehatan, Direktur Poltekes Palangka Raya, Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Palangka Raya, Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Palangka Raya, perwakilan dari Komisi Penanggulangan AIDS (KPA), dan perwakilan dari Palang Merah Indonesia (PMI). Selain itu, hadir sebagai peserta sejumlah pejabat Eselon III dan IV di lingkungan UPT dan Dinkes Provinsi Kalteng.

Secara virtual kegiatan diikutu oleh Kepala Dinkes Kabupaten/Kota se-Kalteng, Direktur RSUD Kabupaten/Kota se-Kalteng, Satuan Tugas Penanganan Pandemi Covid-19 Kabupaten/Kota se-Kalteng, Direktur RS Swasta di Kalteng, Kepala Puskesmas dan Labkesda Kabupaten/Kota se-Kalteng, serta pejabat Eselon III dan IV di lingkungan Dinkes dan RSUD Kabupaten/Kota se-Kalteng. (drt/k-10)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya