BAGUNA Kalsel Bagikan Logistik ke Daerah Sulit Dijangkau

Berita Lainnya
1 dari 2.404

Banjarmasin, KP – Badan Penanggulangan Bencana (BAGUNA) Kalsel bersama Bakti Berbagi rutin membagikan logistik ke daerah yang sulit dijangkau akses transportasi, dengan menggunakan perahu.
Seperti, Desa Pembantanan, Sungai Tabuk, Kabupaten Banjar, yang hanya bisa ditempuh menggunakan perahu sekitar 1 jam dengan ketinggian air mencapai dua meter lebih.
Warga di desa ini enggan di evakuasi, karena rentan kemalingan, sehingga mereka memilih tetap bertahan di lokasi banjir daripada mengungsi di posko yang sudah disediakan pemerintah.
Sebelumnya, di Posko Induk Sungai Tabuk, relawan BAGUNA Kalsel berbaur langsung dengan masyarakat, menghibur dan memberikan sedikit bantuan berupa makanan dan sembako langsung ke tenda-tenda pengungsian.
Air mata, cerita sedih, rasa syukur dan keluhan tentunya sering terdengar ditelinga kami dari warga-warga yang mengungsi, dengan jumlah pengungsi sekitar 650 KK dan hampir 2.000 jiwa .
“Dengan keterbatasan peralatan rescue, BAGUNA Kalsel mendirikan Posko Induk di Sungai Tabuk berupa tenda pleton ukuran 15 x 6 M untuk dijadikan tempat pengungsian warga yang terdampak,” kata Kepala BAGUNA Kalsel, Rizal.
Selain itu, juga menjalin komunikasi dengan Camat Sungai Tabuk di lokasi pengungsian, bahwa yang harus dipersiapkan setelah banjir berlalu adalah, ketersediaan peralatan dapur, diri dan peralatan ibadah.
“Yang terpenting adalah pendampingan kesehatan dan psikologi untuk warga-warga terdampak,” tambahnya. (lyn/KPO-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya