Hindari Berita Hoax Banjir, RAPI-Diskominfo Koordinasi

Martapura, KP – Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) Banjar bersama Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfostandi) setempat melaksanakan koordinasi komunikasi publik.

Komunikasi publik ini dimaksudkan untuk menghindari disinformasi akan berita-berita palsu atau hoax terkait banjir yang melanda wilayah Kabupaten Banjar.

Hal tersebut terungkap saat Sekdakab HM Hilman menerima Ketua RAPI Wilayah 02 Banjar Badrudin SP, di ruang kerjanya, Kamis (14/1).

Hadir beberapa pengurus lainnya, diantaranya H Fahrani yang juga anggota DPRD Kalsel dan Kabid Informasi Komunikasi Publik Diskominfostandi Eddy Elminsyah Jaya.

Sekda Hilman mengatakan, dengan adanya RAPI, tentunya dapat membantu dalam hal informasi akurat, khususnya bagi warga terdampak banjir yang meminta bantuan.

”Pemerintah sulit tanpa ada informasi daerah mana saja yang belum mendapat bantuan, untuk itu Pemkab Banjar dapat berkoordinasi guna pendataan. Ini untuk pendistribusian bantuan di pengungsian,” katanya.

Berita Lainnya

SMK Telkom Banjarbaru Salurkan Bantuan Banjir

Bupati Ikuti Rakor Pemprov Kalsel

1 dari 462

Pihaknya ingin, daerah yang belum dapat bantuan, segera dibantu pendistribusian logistiknya. Diharap semua wilayah dapat tersalurkan.

Ketua RAPI Banjar Badrudin mengatakan, pihaknya sudah turun langsung ikut menangani banjir. Pendistribusian bantuan pun sudah disalurkan di Desa Tambak Baru yang langsung dilaporkan anggota.

”Setelah kita share melalui radio dan medsos, ternyata rekan-rekan juga meminta untuk pengiriman bantuan. Nanti kita koordinasikan untuk penyerahannya,” katanya.

Tidak hanya itu, lanjutnya, menyikapi kabar suara rekaman yang beredar di whatsapp tentang bendungan akan dibuka dan bisa menyebabkan Martapura tenggelam, pihaknya pun langsung meluruskan dengan berkoordinasi dengan pihak Bendungan Riam Kanan, bahwa kabar tersebut hoax.

Kabid IKP Eddy Elminsyah menambahkan, pihaknya siap dalam hal penginformasian penyaluran bantuan banjir. Semua tim bertugas stand by.

“Kami di Pos Informasi Center Tanggap Banjir, siap menerima dan meneruskan laporan dari warga terkait penyaluran bantuan sembako ke instansi terkait,” pungkasnya. (Wan/K-3)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya