Lanud Syamsuddin Noor Diusulkan naik Tipe

Berita Lainnya

Lanjutkan Proyek Pelebaran Jalan Mesjid Jami

1 dari 3.539

Banjarmasin, KP – Pangkalann TNI Angkatan Udara (Lanud) Syamsuddin Noor diusulkan naik tipe, menyusul dijadikannya Kalsel menjadi salah satu pintu masuk Ibu Kota Negara (IKN).
“Rencananya, Lanud akan dikembangkan menjadi tipe A,” kata Komandan Lanud Syamsuddin Noor, Kolonel Pnb M Taufiq Arasj kepada wartawan, usai bertemu Ketua DPRD Kalsel, H Supian HK, Senin (4/1/2021) siang.
Menurut Taufiq, perpindahan IKN ke Kalimantan berdampak perlu dibangun sektor pengamanan udara di seluruh pintu masuk, salah satunya adalah Kalsel.
“Jadi perlu meningkatkan tipe Lanud Syamsuddin Noor, yang kini masih tipe D, dan dalam proses naik ke tipe B,” jelasnya.
Taufiq mengungkapkan, pengembangan sarana dan prasarana ini tidak terlepas dari peranan Pemprov Kalsel, sehingga perlu melakukan komunikasi dengan pihak terkait.
“Agar sarana dan prasarana Lanud Syamsuddin Noor menjadi tipe A,” tambahnya, dihadapan anggota DPRD Kalsel, H Karli Hanafi Kalianda dan Sahrujani.
Bahkan tahap awal, akan direalisasikan markas komando (mako) pada tahun ini.
Untuk membangun banyak yang perlu dipersiapkan, salah satunya adalah ketersediaan lahan. Lahan tersebut nantinya akan dibangun berbagai sarana prasarana penunjang lainnya.
“Prinsipnya kita siap dulu, persiapannya seperti mako, lahan dan sebagainya, layak atau tidak sudah kita sampaikan, tinggal pimpinan yang akan menilai,” jelasnya.
Ketua DPRD Kalsel, H Supian HK sangat mendukung rencana Taufiq yang ingin memperjuangkan kenaikan tipe Lanud Syamsuddin Noor.
“Kita mendorong Lanud Syamsudin Noor naik kelas ketipe A, ini juga sebagai upaya menyambut IKN yang baru,” kata Supian HK.
Selain suport anggaran dari APBD Kalsel, dewan juga akan bekerjasama dengan pemerintah pusat. “Intinya dewan siap memfasilitasi,” tambah politisi Partai Golkar. (lyn/KPO-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya