Dicanangkan Jadi yang Termegah, Proyek Puskesmas Induk Sungai Andai Ditaksir Capai Rp7 M

Banjarmasin, KP – Puskesmas Induk senilai Rp7 miliar akan segera dibangun di tahun ini oleh Pemerintah Kota Banjarmasin di Kelurahan Sungai Andai, Kecamatan Banjarmasin Utara.

Dari Detail Engineering Design (DED) atau detail gambar kerja, Puskesmas itu akan dibangun dua lantai diatas lahan seluas kurang lebih 3.000 meter persegi yang terletak di Jalan Kayu Manis, Sungai Andai.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Banjarmasin, Machli Riyadi mengatakan, kawasan Sungai Andai yang dikenal dengan pemukiman baru itu sangat perlu untuk dibangunkan sebuah puskesmas induk.

Pasalnya, selain lokasinya yang berjarak lumayan jauh dari fasilitas layanan kesehatan (fasyankes) di Kecamatan Banjarmasin Utara di Jalan Adhyaksa, wilayah pemukiman padat penduduk tersebut merupakan salah satu kawasan dengan pertumbuhan penduduk yang terbilang tinggi.

“Lebih dari 30 ribu penduduk di ada Sungai Andai. Dan itu cenderung akan bertambah terus, karena dibukanya perumahan-perumahan baru di sana,” ungkapnya saat ditemui awak media usai jumpa pers lima tahun kepemimpinan Ibnu Sina – Hermansyah, Rabu (17/02) kemarin.

Berita Lainnya
1 dari 2.421

ia membeberkan, Puskesmas Induk Sungai Andai, akan dijadikan sebagai salah satu Puskesmas unggulan di Kota Banjarmasin. Sebab, fasyankes tersebut nantinya akan dibangun dengan cukup luas dan megah.

“Sehingga sangat ideal dijadikan sebagai Puskesmas unggulan. Ya, semoga saja ini jadi puskesmas terbaik,” ujarnya.

Diketahui, ekspose tentang pembangunan Puskesmas Induk Sungai Andai pun telah disampaikan Machli di Ruang Rapat Berintegrasi, gedung Balai Kota Banjarmasin, pada Selasa (16/02) yang lalu.

Saat ditanya terkait berapa besaran anggaran yang dibutuhkan untuk membangun sebuah Puskesmas, Machli memperkirakan pembangunan tersebut sementara ditaksir akan memakan anggaran senilai Rp7 M.

Apabila nantinya anggaran yang sudah ditentukan tersebut masih belum cukup untuk membangun puskesmas secara keseluruhan, maka akan ditambah sesuai dengan kekurangannya pada anggaran perubahan tahun 2021 atau APBD Murni tahun 2022.

Berdasarkan pantauan awak media, lokasi tanah milik pemko yang rencananya akan dibangun Puskesmas Induk tersebut masih dalam kondisi dipenuhi semak belukar.

Belum diketahui kapan pembangunan tersebut akan dimulai. Namun dari informasi yang dihimpun dari berbagai sumber, proyek ini akan dibangun dalam tahun 2021.(Zak/KPO-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya