Jelang Tahun Baru China, Pernak Pernik Imlek Mulai Diburu

Banjarmasin, KP – Sebentar lagi perayaan Imlek 2021 atau Tahun Baru China akan tiba. Tahun ini, Imlek 2572 akan jatuh pada tanggal 12 Februari 2021. Imlek tahun ini adalah tahun Kerbau Logam, menandai shio kedua dari 12 zodiak China. 

Sejumlah toko di Banjarmasin, yang menyediakan pernak-pernik atau aksesoris untuk menyambut datangnya Imlek pun mulai ramai diburu warga Tionghoa.

Misalnya, Toko ATK & Co yang terletak di jalan AES Nasution, Banjarmasin Tengah. Di toko ini tersedia bermacam-macam perlengkapan yang biasa digunakan ketika memeriahkan Imlek.

“Kami menyediakan aneka perlengkapan untuk sembahyang, pernak pernik lainnya untuk memeriahkan perayaan Imlek, seperti lampion, pohon Mei Hua, dupa, lilin, tempelan dan hiasan pintu, hingga amplop angpao,” tutur Nisfu, karyawan Toko ATK & Co kepada Kalimantan Post, Selasa (9/2).

Diakuinya, dalam beberapa hari ini, orang yang mencari perlengkapan Imlek di tokonya mulai ramai berdatangan, walaupun masih di tengah pandemi Covid -19.

“Semakin dekat harinya, makin banyak pelanggan yang datang. Hanya saja, tingkat penjualan tahun ini tak bisa menyamai tahun-tahun lalu, sebelum ada pandemi Covid-19 ini,” ujarnya membandingkan.

Berita Lainnya
1 dari 643

Nisfu menambahkan, pernak pernik Imlek di toko tempatnya bekerja ini cukup lengkap jenisnya. “Harganya bervariasi, mulai Rp 8 Ribu sampai harga Rp 600 Ribu ada di sini,” kata dia.

Maria, seorang pengunjung mengatakan, kedatangannya ke toko ATK & Co lantaran ingin membeli aksesoris Imlek yang dibutuhkannya.

“Sengaja ke sini, mau beli amplop angpao. Rencananya, mau dibagikan buat saudara dan keponakan pas perayaan Imlek nanti,” ucapnya.

Diketahui, perayaan Tahun Baru Imlek di Kota Banjarmasin pada tahun ini tidak dirayakan secara besar-besaran, seperti tahun-tahun sebelumnya dikarenakan pandemi Covid-19.

Sejumlah kelenteng di Banjarmasin meniadakan sembahyang bersama, hanya memasang lilin saja. Itupun dengan pembatasan jumlah jemaat dan dilakukan secara bergiliran.

Warga Tionghoa meyakini, tahun kerbau logam ini akan menjadi tahun keberuntungan. Juga menjadi tahun yang sempurna untuk urusan hubungan, mulai asmara, persahabatan maupun antar anggota keluarga. (opq/K-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya