Iklan
Iklan
Iklan
Banjarmasin

Sudah 10 JBG Dibongkar, Pemko Siapkan Prototype Jembatan Pengganti

×

Sudah 10 JBG Dibongkar, Pemko Siapkan Prototype Jembatan Pengganti

Sebarkan artikel ini

Banjarmasin, KP – Sejak pertama dibentuk, saat ini Satuan Tugas (Satgas) Normalisasi Sungai dan Penanggulangan Banjir Kota Banjarmasin rupanya telah membongkar puluhan Jembatan Bangunan Gedung (JBG) yang dianggap menghalangi aliran sungai.

Android

Ketua Satgas Normalisasi Sungai dan Penanggulangan Banjir Kota Banjarmasin, Doyo Pudjadi mengklaim, pihaknya sudah membongkar sedikitnya 10 JBG yang berada di Kawasan Jalan A Yani dan Veteran Banjarmasin.

“Sampai hari ini, sudah ada 10 jembatan yang dibongkar. Mulai dari kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kalsel sampai TVRI,” ungkapnya daat ditemui awak media di lobby Balai Kota Banjarmasin, Senin (22/02) siang.

Menurutnya, saat ini pihaknya telah menempatkan dua unit alat berat di kawasan A Yani untuk melanjutkan pembongkaran bangunan yang dianggap mempersempit aliran sungai.

Tidak hanya disitu, satu unit alat berat juga ditempatkan di wilayah Jalan Veteran, untuk melakukan pengerukan sungai dan pembongkaran jembatan-jembatan kecil.

“Ini terus kita lakukan. Di Jafri Zam-zam juga dikerjakan. Besok (23/02) kita lakukan pengerukan di Sungai Tatas yang ada di samping Rumah Dinas Kapolda dan kawasan Masjid Sabilal Muhtadin,” tandasnya.

Saat ditanya apakah pembongkaran ini dilakukan secara merata, alias tidak tebang pilih? Pria dengan sapaan Doyo itu mengklaim bahwa tidak ada pilih kasih terkait pembongkaran tersebut.

“Termasuk jembatan lingkungan yang bangunannya rendah. Itu juga akan kita bongkar secara bertahap,” tegasnya.

Hal itu dilakukan lantaran pihaknya telah memiliki prototype jembatan pengganti yang merupakan hasil konsultasi bersama ikatan ahli konsultan jembatan dan jalan.

“Kita sudah rapat. Untuk A Yani dan Veteran telah dibuat prototype jembatan. Jalannya melengkung dan ketinggiannya sekitar 60 CM dari muka air pasang. Sehingga pembersihan sungai kedepannya akan lebih mudah,” pungkasnya.(Zak/KPO-1)

Iklan
Iklan