Maret Berakhir, Pj Wali Kota Banjarmasin Masih Tanda Tanya

Banjarmasin, KP – Sosok Penjabat (Pj) Wali Kota Banjarmasin sampai saat ini masih saja menjadi tanda tanya. Padahal saat ini sudah seharusnya, Pemerintah Kota Banjarmasin diisi oleh seorang Pj agar lebih mudah dalam mengambil setiap kebijakan strategis.

Terlebih, Mahkamah Konstitusi (MK) telah memutuskan Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pemilihan Wali kota dan Wakil Wali Kota Banjarmasin. Itu artinya, kekosongan jabatan pucuk pimpinan di Pemko Banjarmasin menjadi lebih panjang.

Terbaru, Pj Gubernur Kalimantan Selatan, Safrizal ZA dikabarkan telah menerima Surat Keputusan (SK) penetapan Pj Wali Kota Banjarmasin dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Namun sayangnya, siapa sosok yang dipilih belum diketahui secara pasti.

Pelaksana Harian (Plh) Wali Kota Banjarmasin, Mukhyar pun mengaku, belum mengetahui adanya SK penunjukan satu nama tersebut. Namun yang pastinya, dirinya mengharapkan agar posisi tersebut lekas terisi. Mengingat kewenangan dirinya sebagai Plh sangat terbatas.

“sampai hari ini kami belum diberi informasi apapun. Tapi yang jelas Pemprov Kalsel sudah mengusulkan. Intinya lebih cepat lebih bagus,” ucapnya ketika dikonfirmasi awak media, di lobby gedung Balai Kota Banjarmasin, Selasa (30/09) sore.

Berita Lainnya
1 dari 3.193

Disisi lain, dari hasil penelusuran yang dilakukan reporter, ada dua nama yang menjadi kandidat kuat mengisi jabatan tersebut. Yaitu Kepala Dinas Kesehatan, Muhammad Muslim dan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Mujiyat.

Keduanya merupakan petinggi SKPD di lingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel). Namun sayangnya ketika disebut dua nama tersebut, Mukhyar mengaku tidak mengetahuinya.

Menurut Mukhyar, siapapun yang bakal mengisi jabatan Pj Wali Kota Banjarmasin, itu merupakan kewenangan Pemerintah Provinsi Kalsel untuk mengusulkannya.

“Terserah saja. Mau itu Pak Muslim, Mujiyat atau yang lain. Tentunya Pemprov Kalsel punya pertimbangan tersendiri. Kami siap saja mendukung siapapun yang ditempatkan. Yang penting proses Pemerintahan bisa berjalan dengan baik,” tutupnya.

Diberitakan sebelumnya, Pj Gubernur Kalsel, Safrizal ZA telah menerima nama calon Pj Wali Kota Banjarmasin dari Kemendagri.

Ia menjelaskan bahwa, Pj Wali Kota Banjarmasin yang ditunjuk Mendagri adalah 1 dari 3 nama pejabat di lingkungan Pemprov Kalsel yang diusulkan beberapa waktu lalu.

“Penjabatnya dari Pemprov Kalsel, bukan dari Kemendagri,” terangnya beberapa waktu lalu. (Zak/KPO-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya