Pelaksanaan MTQ Nasional Ke-43 Sesuai Prokes Covid-19

Pelaihari, KP – Pelaksanaan pada tahun-tahun yang lalu dimana Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional Tingkat Kabupaten Tanah Laut (Tala) digelar secara meriah, maka pelaksanaan MTQ Nasional Tingkat Kabupaten Tala di Kecamatan Takisung dilakukan secara sederhana dan menerapkan protokol kesehatan (prokes) Covid-19.

Hal tersebut terlihat dari pantauan Tim Protokol dan Komunikasi Pimpinan Sekretariat Daerah Tala saat kegiatan pembukaan MTQ Nasional ke-43 Kabupaten Tala di Lapangan Pantai Harapan, Desa Gunung Makmur Kecamatan Takisung pada Jumat (26/2/2021).

Kegiatan pawai ta’aruf yang biasanya diikuti oleh seluruh kafilah pun ditiadakan, pegelaran MTQ tersebut juga digelar tanpa penonton.

Ketua Umum Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Tala H. Dahnial Kifli menjelaskan bahwa pelaksanaan MTQ tahun ini digelar dengan prokes ketat yang sudah disepakati seluruh pihak.

“Panitia, dewan juri dan hakim, peserta dan official seluruh pihak yang terlibat dalam MTQ ini kita lakukan rapid tes terlebih dahulu . Kita juga menyediakan fasilitas cuci tangan dan hand sanitizer serta melakukan penyemprotan disinfektan secara berkala,”jelasnya.

Berita Lainnya
1 dari 446

Pria yang juga menjabat sebagai Sekretaris Daerah Kabupaten Tala tersebut menuturkan bahwa MTQ Nasional ke-43 Kabupaten Tala di Kecamatan Takisung digelar dari tanggal 26 sampai dengan 28 Februari, Dahnial pun berharap dengan adanya gelaran MTQ tingkat kabupaten ini dapat meningkatkan prestasi Kafilah Tala yang akan berlomba pada MTQ Nasional Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) di Tanah Bumbu (Tanbu) pada bulan April nanti.

Sementara itu Bupati Tala HM Sukamta menegaskan yang paling penting masing-masing kafilah berasal dari daerah Kabupaten Tala asli, bukan dari daerah lain,”Kita harapkan semuanya berpartisipasi dengan baik, yang paling penting menjaga prokes dengan mencuci tangan , memakai masker dan menjaga jarak. Saya kira ini yang penting untuk MTQ tahun ini,”pungkasnya.

Sukamta pun berharap dengan adanya kegiatan MTQ ini dapat menumbuhkan minat baca Al-Quran di Bumi Tuntung Pandang, “Dan juga minat untuk memahami, menghayati dan mengamalkan Quran juga semakin meningkat, khususnya di tingkat keluarga karena keluarga adalah lingkungan pertama bagi anak-anak kita,”harapnya.

Terkait MTQ Nasional Tingkat Provinsi Kalsel di Tanbu nanti, bupati menjelaskan setelah MTQ tingkat kabupaten ini pihaknya akan melakukan pelatihan lagi kepada Kafilah Tala yang akan berlaga di MTQ tingkat provinsi tersebut.

“Kan MTQ tingkat provinsi nanti bulan April, masih ada waktu satu bulan, dan saya tegaskan lagi kafilah kita menggunakan qori dan qoriah asli Tala tidak dari luar satupun. Ada diurutan berapa kita akan menjadi introspeksi bagi kita. Yang penting para qorinya asli dari Tala,”ungkapnya.

Pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-XLIII Nasional tingkat Kabupaten Tanah Laut tahun 2021 diikuti 11 kafilah dari seluruh Kecamatan di Kabupaten Tanah Laut. (rzk/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya