Pemkab HSS Usulkan Ubah Tiga Perda

Kandangan, KP – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS) mengajukan untuk merubah tiga buah peraturan daerah (Perda), yang akan dibahas bersama Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) HSS. 

Wakil Bupati (Wabup) HSS Syamsuri Arsyad menyampaikan draft rancangan peraturan daerah (Raperda) perubahan tiga Perda, Senin (15/3/2021) dalam rapat paripurna di Gedung DPRD Kabupaten HSS.

Perda yang diusulkan diubah yakni, Perda Nomor 6 tahun 2013 tentang pengelolaan sampah, Perda Nomor 4 tahun 2015 tentang tata cara pemilihan kepala desa (Pilkades), dan Perda nomor 1 tahun 2016 tentang ketertiban umum.

Wabup HSS Syamsuri Arsyad menjelaskan, saat ini pertumbuhan penduduk di Kabupaten HSS sudah mencapai 2 persen setiap tahunnya. Hal itu ujarnya, sangat berperan dalam menyumbang penambahan jumlah sampah.

Syamsuri menyebutkan, saat ini rata-rata jumlah sampah di Kabupaten HSS adalah 93,6 ton per hari.

“Untuk itu diperlukan perubahan mendasar pada sistem pengelolaan sampah,” tuturnya, dalam pemaparan yang didengarkan sebanyak 18 anggota DPRD yang hadir. 

Berita Lainnya
1 dari 460

Sistem yang semula secara tradisional, yakni sampah dikumpulkan, diangkut lalu dibuang bisa dikembangkan inovasi dengan sistem ramah lingkungan yakni reduce, reuse dan recycle.

Ia berharap, juga kepada masyarakat agar bisa memilah sampahnya dari rumah misalnya sampah organik dan anorganik.

Pemkab HSS juga memandang perlu untuk merubah Perda Pilkades, sebab dalam rangka memenuhi amanat Undang-Undang menyongsong Pilkades serentak.

“Penyesuaian diperlukan, antara lain salah satunya pada syarat-syarat seorang calon kepala desa,” terangnya. 

Syamsuri menjelaskan, sebelumnya terdapat klausul calon kepala desa, bersyarat minimal setahun tinggal di desa. Sedangkan Mahkamah Konstitusi telah menetapkan, semua orang di negara berhak sama.

Terakhir, Pemkab HSS mengusulkan merubah Perda ketertiban umum bertujuan  membuat tata aturan yang lebih baik. Terutama untuk ketentraman masyarakat luas, yang merupakan salah satu hak azasi manusia. (tor/K-6) 

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya