Wabup HST Membuka Rakoor Kepala Dinas dan Instansi LH se Kalimantan Selatan

Barabai, KP – Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah melalui  Dinas Lingkungan Hidup dan Perhubungan menggelar Rapat Koordinasi Instansi Lingkungan Hidup se Kalimantan Selatan yang dibuka langsung oleh Wakil Bupati HST Drs. H Mansyah Sabri bertempat di Aula Bapelitbangda, Selasa (2/3/2021).

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Perhubungan Kab HST Drs Muhammad Yani , M.Si  dalam kesempatan ini mengucapkan terimakasih atas kepedulian dari rekan-rekan Kepala Dinas Kabupaten se Kalsel terhadap warga HST yang terkena bencana banjir dalam penanganan sampah.

Wakil Bupati HST Drs. H Mansyah Sabri dalam sambutannya mengucapkan selamat datang di bumi Murakata kepada Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalsel dan peserta rapat koordinasi .serta sangat mengapresiasi dan menyambut positip dengan terselenggaranya kegiatan ini, sebagai bentuk sinergitas dalam upaya bersama mengatasi permasalahan lingkungan. Khususnya berkenaan dengan permasalahan akibat banjir yang telah melanda sebagian besar di Kalimantan Selatan.

Mansyah mengingatkan arahan Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan kedepan ada lima aspek yang perlu disiapkan dan dilakukan dalam rangka upaya pemulihan lingkungan pasca banjir di Kalimantan Selatan.

Pertama  Aspek perencanaan yang menuangkan secara detail tentang kegiatan, tata waktu, siapa yang bertanggung jawab serta anggaran. Aspek kedua yaitu dengan rekayasa teknis / engineering termasuk didalamnya aspek regulatif dan penataan ruang seperti pembuatan bendungan, daerah tangkapan air dan normalisasi. Aspek ketiga Vegetatif yaitu kegiatan rehabilitasi daerah aliran sungai, konservasi tanah dan air, penanganan lahan krisis dan Agroforesty. Aspek keempat yaitu aspek sosial dan Aspek kelima Aspek kelembagaan, baik itu kelembagaan di Kementerian LH dan Kehutanan, di provinsj maupun di Kabupaten sendiri sehingga kita memiliki konektivitas yang terintegrasi melalui komunkasi yang langsung dan cepat.

Berita Lainnya
1 dari 418

Mengakhiri sambutannya Mansyah mengharapkan agar rakor ini bukan semata mata hanya acara seremonial tetapi dapat menghasilkan suatu rumusan kebijakan dan program program yang realitis dan implementatif, sehingga mampu menumbuhkan dan mengembamgkan sinergitas di antara para stake holder pembangunan serta mampu mengatasi permaslahan yang timbul khususnya dalam upaya penanganan pasca bencana banjir di Kalimantan Selatan.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Hanifah Dwi Nirwana, ST,MT menyampaikan rakor Kepala Dinas Lingkungan Hidup Se-Kalimantan Selatan ini kami anggap penting dimana pada rakor ini kita akan membahas seluruh persoalan lingkungan hidup di Provinsi Kalimantan Selatan, hal ini juga berkenaan dengan kejadian banjir yang luar biasa di Kalimantan Selatan yang masih menyisakan banyak persoalan-persoalan, upaya-upaya apa yang memungkinkan untuk kita lakukan secara jangka pendek ini dalam upaya pemulihan lingkungan hidup kemudian kita juga mungkin akan mendiskusikan kegiatan-kegiatan kita di jangka menengah dan jangka panjang.

“Juga akan Kita sampaikan banyak hal bagaimana kita berelaborasi dengan kementerian KLHK dan tentunya kita tidak akan mengesampingkan peran penting dari teman-teman kabupaten/kota sehingga pada kesempatan hari ini kita akan benar-benar bersinergi bagaimana untuk mewujudkan Kalimantan Selatan dengan lingkungan yang lebih baik,” Tambahnya.

Acara di isi penyerahan kenang-kenangan dari Pemerintah Kab HST yang diserahkan Wakil Bupati HST Drs. H Mansyah Sabri didampingi Kepala DLHP HST kepada Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Hanifah Dwi Nirwana, ST,MT berupa Bunga Anggrek Calionopsis amabilis Anggrek bulan, kuku macan, panda meratus.

Kegiatan tersebut dihadiri Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Hanifah Dwi Nirwana, ST,MT dan Kepala Dinas  Instansi Lingkungan Hidup se Kalimantan Selatan. (adv/ary/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya