Bonus Tak Pasti bagi Juara Umum MTQ

Banjarmasin, KP – Pemerintah Kota Banjarmasin ternyata masih belum memastikan jumlah atau besaran bonus bagi kafilahnya yang berlaga di Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-33 tahun 2021.

Padahal puluhan kategori yang dilombakan dalam gelaran MTQ yang dituan rumahi oleh Kabupaten Tanah Bumbu itu, dimenangkan oleh kafilah asal Banjarmasin. Hingga akhirnya mendapat predikat sebagai juara umum.

Hal itu diketahui saat awak media mencoba mengkonfirmasi hal tersebut kepada Sekertaris Daerah (Sekda) Kota Banjarmasin, Mukhyar, di lobby gedung Balai Kota Banjarmasin.

“Kita masih belum sejauh itu mengetahui tentang bonus bagi kafilah yang juara di MTQ kemarin. Nanti kita koordinasi lagi dengan bagian Kesra,” ucapnya pada awak media, Selasa (13/04) siang.

Kendati demikian, Mukhyar tidak bisa memastikan apakah ada atau tidaknya bonus bagi kafilah yang sudah membawa nama Kota Banjarmasin menjadi juara umum yang ke-4 kalinya.

“Kalau memang dana tersedia dan dianggarkan itu lebih baik, pasti dibagikan. Tapi kalau tidak ada, yaa mau tidak mereka (kafilah Banjarmasin) mau tidak mau harus sabar, paling tidak sampai tahun depan,” ujarnya singkat.

Berdasar informasi yang dihimpun Kalimantan Post, Juara Umum yang disandang oleh kota dengan julukan Bumi Kayuh Baimbai ini dikarenakan telah memenangkan puluhan kategori lomba di MTQ yang diselenggarakan di Kota Batulicin tersebut.

Kepala Bagian (Kabag) Kesra, Setda Kota Banjarmasin, M Isa Ansari menerangkan, ada 42 kategori kejuaraan di MTQ ke 33 yang dimenangkan kafilah Banjarmasin.

Dengan rincian 20 kategori (19 perorangan dan 1 grup) yang meraih Juara 1. Kemudian 10 kategori (9 perorangan dan 1 grup) mendapat Juara 2, dan Juara 3 yang dimenangkan oleh empat kategori lomba perorangan.

Selain itu, kafilah Banjarmasin juga mendapat juara Harapan 1 di lima kategori perlombaan (4 perorangan dan 1 grup), juara Harapan 2 yang datang dari dua kategori lomba perorangan. Kemudian juara Harapan 3 untuk dari satu kategori lomba perorangan.

Berita Lainnya
1 dari 2.766

“Hampir lebih dari 70 persen lomba di MTQ Tanbu alhamdulillah kita menangkan. Seluruh Kafilah yang masuk final alhamdulillah juara semua,” ungkapnya.

Lantas, apakah seluruh peserta yang berhasil menyumbang kemenangan di setiap lomba tersebut akan mendapat bonus tambahan dari Pemko Banjarmasin?

“Insyaa Allah ada bonus. Karena tiap tahun pasti ada bonus uang pembinaan dari kita (Pemko) bagi kafilah yang meraih juara,” ujarnya.

Kendati demikian, pria dengan sapaan Isa itu belum menentukan berapa besaran bonus yang akan diberikan kepada pemenang MTQ.

Jika berkaca dari MTQ di tahun 2019, kafilah Banjarmasin menyediakan sekitar Rp 400 juta untuk bonus yang dikhususkan bagi kafilah yang memenangi 38 kategori lomba.

Bonus yang didapat per orang yang Juara 1 mendapat Rp 13 juta, Juara 2 Rp 9 juta dan bonus sebesar Rp 5 juta untuk kafilah yang meraih Juara 3.

Kemudian, Juara Harapan 1 mendapat bonus sebesar Rp 3 Juta dan Rp 2 juta bagi kafilah yang meraih Juara Harapan 2.

“Ditahun ini kita melihat anggaran keseluruhan. Karena kita tidak bisa memprediksi berapa yang diperlukan untuk bonus dan segala macam keperluan lainnya. Jadi kemarin Kami hanya mencantumkan anggaran untuk keperluan global,” bebernya.

“Walaupun belum tau besarannya, insyaa Allah tetap ada bagi mereka (pemenang),” tekannya.

Disamping itu, Isa mengaku sangat bersyukur dengan capaian tersebut merupakan hal yang luar biasa lantaran bisa melebihi hasil MTQ di tahun 2019 kemarin.

“Tahun kemarin 38 kejuaraan. Tahun ini ada 42 kategori lomba yang dimenangkan. Tentu ini sangat kita syukuri,”katanya.(Zak/KPO-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya