HSS Upayakan Langkah Antisipasi
Penyebaran Covid-19 Saat Idul Fitri 1442 H

Kandangan, KP – Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) melaksanakan rapat koordinasi, Kamis (29/4/2021) dalam rangka langkah-langkah antisipasi penyebaran Covid-19 saat hari raya Idul Fitri 1442 Hijriah.

Rapat dipimpin Bupati HSS Achmad Fikry, selaku ketua Satgas Covid-19 Kabupaten HSS.

Bupati Achmad Fikry mengatakan, Rakor itu sejalan dengan arahan Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo, saat Rakor kepala daerah se-Indonesia kemarin. 

Kesimpulan Rakor itu, pertama dukungan Pemkab HSS terhadap operasi ‘ketupat’ yang akan dilaksanakan Polres HSS dari tanggal 6 sampai 17 Mei 2021.

Dibangun tiga lokasi posko di Kabupaten HSS, yang menjadi tempat dilakukan pemeriksaan selama larangan mudik Lebaran 2021, yakni di Kecamatan Sungai Raya, Angkinang dan Loksado.

Bupati Achmad Fikry menjelaskan, pada posko itu akan dilaksanakan pemeriksaan petugas kepada para pengguna jalan, untuk mengurangi mobilitas masyarakat yang datang ke HSS menyambut hari raya idul fitri.

“Apabila saat pemeriksaan, hasil tes antigennya diketahui positif Covid-19, satgas akan melakukan isolasi mandiri, dan semua biayanya juga ditanggung sendiri,” ungkapnya.

Berita Lainnya
1 dari 528

Ia mengimbau masyarakat, bisa menahan diri untuk tidak melaksanakan mudik terutama ke Kabupaten HSS.

Kegiatan patroli gabungan TNI, Polri dan Satpol PP dalam penegakan hukum protokol kesehatan Covid-19 akan ditingkatkan. Durasi patroli akan ditambah, dengan menyisir tempat-tempat buka bersama (Bukber) yang dikhawatirkan akan menimbulkan kerumunan.

Pelaksanaan salat ied diminta tetap dilakukan dengan protokol kesehatan, diusahakan tidak mengundang khatib dari luar daerah, serta durasi khutbah diperpendek.

Para camat, lurah dan kepala desa diminta berkoordinasi dengan pengurus mesjid, agar saat pelaksanaan salat ied dipastikan dengan protokol kesehatan yang ketat.

Camat, lurah dan kepala desa juga diharapkan terus berkoordinasi melakukan pemantauan terhadap warga, dan memastikan jika ada yang baru datang untuk isolasi mandiri di luar rumah yang dikunjungi.

Kemudian, Satgas akan terus memberikan imbauan penerapan protokol kesehatan, kepada warga yang akan melakukan hajatan atau perkawinan.

Rakor itu turut dihadiri Wakil Bupati Syamsuri Arsyad, Kapolres HSS AKBP Siswoyo, Dandim 1003 Kandangan Letkol Arm Dedy Soehartono, Sekretaris Daerah Muhammad Noor, SOPD terkait serta para Camat. (tor/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya