Musrenbang Kalteng Tahun 2022 Fokus Infrastruktur dan SDM

Palangka Raya, KP – Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) Fahrizal Fitri mengemukakan, Musrenbang tahun 2021 ini fokus merencanakan pembangunan infrastruktur dan peningkatan sumber daya manusia (SDM) di tahun 2022 mendatang.

Hal itu ia sampaikan saat mewakili Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran untuk membuka secara langsung Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Prov. Kalteng Tahun 2021 di Aula Jayang Tingang, Kantor Gubernur Kalteng, Kamis (08/4). Musrenbang ini digelar dalam rangka Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2022.

Dikemukakan, Musrenbang Tingkat Provinsi ini sebagai salah satu upaya mewujudkan sinergitas pelaksanaan tugas Pemerintahan dan pembangunan di Prov. Kalteng. Tahun 2022 merupakan Tahun peralihan Periode RPJMD Prov. Kalteng Tahun 2016-2021 dengan RPJMD Tahun 2021-2026.

Perencanaan Pembangunan Tahun 2022 akan menjadi tahun awal dalam menentukan perencanaan pembangunan untuk ‘5 tahun ke depan”, ujar Fahrizal Fitri.

Dan tema RKPD Tahun 2022 adalah “Stabilitas Ekonomi dengan Penguatan SDM yang Berdaya Saing”, dengan prioritas pembangunan tetap pada bidang Infrastruktur, Pendidikan, Kesehatan, dan Perekonomian dalam arti luas yang diharapkan meningkatkan pertumbuhan ekonomi Daerah.

Berita Lainnya
1 dari 463

Ia menjelaskan sebagaimana diketahui, akibat pengaruh Pandemi Covid-19, pertumbuhan ekonomi Kalteng pada tahun 2020 adalah minus 1,40 persen. Meski demikian, Pertumbuhan Ekonomi Prov. Kalteng masih lebih baik dibandingkan Nasional yang sebesar minus 2,07 persen. Selain itu, Angka Kemiskinan 5,26 persen lebih baik dari Nasional sebesar 10,19 persen. Indeks Pembangunan Manusia (IPM) tahun 2020 sebesar 71,05. Dan, Gini Ratio 0,320 lebih baik dibandingkan Nasional sebesar 0,382.

Didasari hasil Rapat Kerja Gubernur dengan Menteri PPN/ Kepala Bappenas RI pada Bulan Februari, dan juga Rakortekrenbang beberapa waktu yang lalu, Gubernur melalui Sejda menyampaikan kembali sejumlah usulan Proyek Prioritas Prov. Kalteng.

Adapun usulan Proyek Prioritas Prov. Kalteng diantaranya pembangunan Bandara Sebuai, perpanjangan Runway Bandara Tjilik Riwut, penyelesaian Ruas Jalan Missing Link Jalan Lintas Tengah Kalteng Menuju Batas Kalbar, pemenuhan Standar 2-7-2 Ruas Jalan Nasional Trans Kalimantan, pembangunan Pelabuhan Utama di Prov. Kalteng, peningkatan Jalan akses menuju pelabuhan Bahaur, pembangunan Jalan Akses Menuju Pelabuhan Segintung di Kabupaten Seruyan, pengembangan Kawasan Food Estate, pengembangan Peternakan Sapi di Kabupaten Sukamara, pembangunan Rumah Sakit Kelas B di Kabupaten Seruyan dan penanganan Stunting di seluruh Kabupaten/Kota di wilayah Prov. Kalteng.

Musrenbang diisi dengan sesi diskusi yang dipimpin oleh Kepala Bappedalitbang Prov. Kalteng Yuren S. Bahat. Diskusi diantaranya mendapatkan masukan dari anggota DPD RI Dapil Kalteng A. Teras Narang, Angggota DPR RI Ary Egahni Bahat dan Willy M. Yoseph.

Hadir sercara langsung Musrenbang itu antara lain, Inspektur Prov. Kalteng H. Sapto Nogroho dan sejumlah Kepala Perangkat Daerah Prov. Kalteng. Hadir secara virtual diantaranya Anggota DPR RI dan DPD RI, Ahli Menteri Bidang Hukum dan Kesatuan Bangsa, Kemendari Eko Prasetyo Purnomo Putro, Deputi Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya Alam, Kementerian PPN/Bappenas RI Arifin Rudiyanto, Forkopimda Prov. Kalteng, Bupati/Walikota dan Kepala Perangkat Daerah. (drt/k-10)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya