Waspadalah dan Jangan Lengah Setelah Vaksinasi

Banjarmasin, KP – Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin melalui Dinas Kesehatan terus berupaya meningkatkan vaksinasi Covid-19 ke semua sasaran.

Namun Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin Machli Riyadi mengatakan, bagi mereka yang sudah mendapatkan vaksin diingatkan agar tetap waspada dan jangan lengah mengutamakan protokoler kesehatan.

” Protokoler kesehatan tetap wajib diutamakan. sebab vaksin tidak menjamin seseorang seratus persen terlindungi dari Covid-19,”kata Machli Riyadi kepada {KP} belum lama ini.

Menurutnya, tubuh membutuhkan setidaknya dua Minggu setelah seseorang menjalani vaksinasi lengkap untuk membangun kekebalan terhadap virus penyebab Covid-19.

Karenanya selama kurun waktu itu tandas Machli Riyadi, tidak menutup kemungkinan seseorang sebelum atau sesudah menjalani vaksinasi terpapar Covid-19, karena vaksin belum punya cukup waktu memproses perlindungan atau sistem kekebalan tubuh.

Berita Lainnya
1 dari 3.193

Machli mengatakan, hasil penelitian uji klinis vaksin sinovac tahap satu pada suntikan vaksin pertama, tubuh belajar mengenal antigen dan membentuk antibodi.

Selanjutnya, pada pemberian dosis vaksinasi kedua tubuh memacu antibodi hingga jumlahnya optimal hingga kadar antibodi menurun secara perlahan.

Lebih jauh ia menjelaskan, reaksi tubuh setelah menerima vaksin dan pembentukan antibodi pada setiap orang berbeda-beda.

Disebutkan, ada orang terlindungi setelah divaksin, namun ada juga yang masih rentan tertular disebabkan berbagai faktor seperti daya tahan tubuh lemah, respon imun atau lantaran ada penyakit penyerta.

” Vaksinasi hanya merupakan langkah untuk mengendalikan penyakit (Covid-19) dan meringankan gejala. Sebaliknya, tetap menjaga protokol kesehatan adalah hal yang terpenting,” demikian kata Machli Riyadi. (nid/K-3)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya