Bupati Tapin Ikuti Arahan Presiden RI Penanganan Covid 19 Paska Lebaran

Rantau, KP – Bupati Tapin HM Arifin Arpan ikuti acara pengarahan Presidwn RI kepada Kepala Daerah Se Indonesia Tahun 2021 di Istana Negara Secara virtual bertempat Rumah Jabatan Bupati Tapin. Senin (17/5/2021).

Rapat koordinasi pengarahan Presiden juga dikuti Unsur Pimpinan Muspida Tapin Kapolres Tapin AKBP Pipit Subiyabto, Dandim 1010 Rantau Letkol Inf Andi Sinrang, Kejari Tapin Zaenul Arifin Nawir, Kepala Pengadilan Negeri Rantau, Sekda Tapin H Masyraniasnyah, Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan Fiqri Irmawan, Asisten Pemerintahan dan Kesra Gt Ridha Jaya, Asisten Ekonomi dan Pembangunan Errani Martin.

Acara pengarahan kepala negara di mulai dari Laporan Menteri Dalam Negeri Drs HM Tito Karnavian.

Presiden RI Joko Widodo dalam arahannya menyampaikan pertama mengawali sambutannya beliau mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri 1442 H bagi umat muslim dan selamat memperingati perayaan kenaikan Isa Almasih bagi umat nasrani.

Diungkapkan Presiden bahwa dalam kurun waktu 6 sampai 17 Mei 2021 ada 1,5 jta orang mudik, pada pelaksanaannya mengalami peningkatan, dengan diberlakukan sistem penyekatan turun menjadi 1,1 persen kelihatannya kecil tetapi 1,5 juta orang yang masih mudik.

Dengan adanya larangan mudik dan penyekatan kasus Covid-19 turun mencapai 48%, namun saat lebaran mobilitas masyarakat menjadi naik 38% sampai dengan 108%.tetap berhati hati karena gelombang kedua dan ketiga sangat berbahaya seperti negara negara tetangga kita yang melokdown hingga bulan Juni.

“Untuk itu kepada seluruh gubernur, bupati dan walikota memiliki tanggungjawab yang sama, agar dapat memahami angka data tersebut terkait perkembangan covid 19,” papar Presiden.

WHO menyampaikan indikator kendali Covid-19 kapasitas respon daerah semakin banyak akan semakin baik, kalau yang positif harus di lacak betul beberapa orang harus di cek di karantina, disinilah kelemahan kita masalah pressing, harus hati-hati dengan varian baru Covid-19 untuk wilayah Kalsel hati-hati ada 1 mumpung ini pada angka yg kecil.

Berita Lainnya
1 dari 283

Tahun 2021 kwartal pertama ekonomi kita masih minus 0,74%, seluruh guburnur dan bupati memiliki tanggung jawab yang sama supaya mencapai 7 persen, semua Provinsi negatif hanya 10 provinsi yang positif.

Untuk itu kepada kepada gubernur, bupati dan walikota se Indonesia memiliki tanggubg jawab yang sama dalam kontribusi pertumbuhan ekonomi nasional, terpenting dalam penanganan dan pengendalian covid 19 tetap berhati hati dan pertumbuhan ekonomi bisa sejalan seimbang, artinya penanganan covid 19 jalan, begitu pula pertumbuhan ekonomi tetap jalan.

Sekali lagi saya mengingatkan hati-hati urusan Covid-19 harus tetap benar-benar di tekan demi kebangkitan bidang ekonomi.

Sementara Bupati Tapin HM Arifin Arpan usai mengikuti arahan Presiden RI mengatakan bahwa selaku pimpinan daerah bersama pimpinan muspida tapin ikut serta dalam zoom metting bersama presiden RI Joko Widodo siap menjalankan apa yang di perintahkan pemerintah pusat, khusunya dalam penanganan covid 19 dan pemulihan ekonomi nasional.

“Kami telah menjalankan sesuai dengan arahan presiden terkait penanganan covid 19,” ujar Bupati.

Dikatakan bupati bahwa adanya pelarangan mudik pihaknya sudah menjalankan yakni mendirikan posko-posko di beberapa titik perbatasan dengan. Sesuai dengan aturan mempersilahkan bagi pemudik yang tidak melengkapi surat menyurat surat sehat.

Selanjutnya juga shalat idul fitri juga mengeluarkan surat edaran untuk mengurangi kapasitas berkumpul dan meniadakan open house peraaan idul fitri 1442 hijriah.

Dengan adanya arahan kepala negara, pihaknya nanti kembali merapatkan bersama tim Satgas Covid 19 Tapin untuk penanganan dan pengendalian covid 19 dan pemulihan ekonomi nasional. (abd/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya