Dewan Nilai Lingkungan Pasar Masih Belum Tertata

Meski dalam beberapa tahun terakhir sudah mendapatkan penghargaan sebagai kota bersih dari pemerintah pusat, namun lingkungan pasar saat ini dinilai belum tertata dengan baik

BANJARMASIN, KP – Kondisi pasar tradisional di kota Banjarmasin dinilai gersang lantaran nyaris minim penghijauan. Kondisi ini belum bersih dan tertatanya lingkungan pasar dengan baik

‘’Coba kita lihat , mana ada pasar di kota ini yang tampak hijau dan teduh karena ditanami berbagai pepohonan. Sebaliknya nyaris semuanya terlihat gersang semua,’’ kata anggota komisi III DPRD Kota Banjarmasin Aliansyah.

Menurutnya kepada KP Kamis (27/5/2021) sebagai bagian dari fasilitas umum selain harus terlihat hijau dan teduh seharusnya pasar dapat tampil lebih rapi, bersih, indah dan nyaman untuk melayani para konsumen.

Apalagi anggota dewan dari F-PKS ini, pasar merupakan salah satu indikator dalam penilaian untuk mendapat Piala Adipura.

Menurutnya, meski Kota Banjarmasin dalam beberapa tahun terakhir sudah mendapatkan penghargaan sebagai kota bersih dari pemerintah pusat, namun lingkungan pasar saat ini dinilai belum tertata dengan baik.

Berita Lainnya
1 dari 2.979

“Masalahnya, selain masih minimnya penghijauan dari segi kebersihan lingkungan saya rasa masih perlu untuk terus ditingkatkan,” ujar anggota komisi yang membidangi masalah lingkungan ini.

Lebih jauh Aliansyah berharap, perlu ada keseriusan Pemko Banjarmasin melalui instansi terkait untuk membenahi seluruh pasar di kota ini secara lebih serius. Mulai katanya, melakukan penataan agar tidak terkesan semrawut, program menghijaukan pasar melalui penanaman pohon hingga composting untuk pengolahan sampah.

Aliansyah menegaskan selain keseriusan Pemko, ia juga menghimbau para pedagang untuk ikut berpartisipasi menjaga lingkungan pasar agar tetap terjaga dengan baik.

“Jangan cuma sibuk berjualan, sementara soal pentingnya menjaga keindahan dan penataan pasar agar tidak semrawut hanya dibebankan kepada Pemko Banjarmasin,” ujarnya.

Perlu disadari bersama kata Aliansyah meski Pemko melalui Satpol PP sudah melakukan penertiban terhadap tempat berjualan pedagang, namun hanya sebentar pasar itu kembali terlihat kumuh.

Seperti sebutnya mencontohkan, ketika Satpol PP beberapa kali melakukan penertiban terhadap tempat atau tenda-tenda milik pedagang yang berjualan di Pasar Lama.

“Namun hanya selang beberapa hari setelah dilakukan razia, tenda-tenda yang membuat pasar terlihat semrawut itu kembali dipasang oleh pedagang,’’ tutup Aliansyah. (nid/K-3)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya