Penerapan Prokes dan Perbaikan Ekonomi Masyarakat Tala Harus Beriringan

Pelaihari, KP – Upaya peningkatan ekonomi masyarakat dan penanganan Covid-19 harus terlaksana secara beriringan dan berimbang. Pada momen pasca libur Hari Raya Idul Fitri, beberapa tempat objek wisata harus ditutup dan dibatasi arus kunjungannya, kebijakan tersebut pemerintah daerah lakukan demi menekan angka positif Covid-19 di Tanah Laut (Tala) agar tidak melonjak. Hal tersebut diungkapkan Bupati Tala HM Sukamta usai mengikuti Rapat Koordinasi Nasional bersama Presiden Joko Widodo dan kementerian terkait melalui virtual zoom meeting, Senin (17/5/2021).

“Ibarat menginjak gas dan rem harus penuh pertimbangan dan pas, itulah yang kita lakukan agar ekonomi masyarakat tetap bertumbuh dan penanganan Covid-19 tetap berjalan. Kita berupaya agar tidak ada yang dirugikan, warga tetap aman dan terhindar dari penularan Covid-19”, ungkap Sukamta.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menyampaikan arahan kepada seluruh kepala daerah dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) setempat untuk tidak mengendorkan upaya-upaya pencegahan penularan Covid-19.

“Kita harus tingkatkan ketahanan dalam menanggulangi Covid-19, khususnya pasca lebaran. Dilapangan sudah banyak laporan tempat wisata dan tempat publik yang ramai dikunjungi warga saat libur lebaran, yang daerahnya zona orange harus waspada, kita tidak ingin ada lonjakan kasus dan klaster baru. Pahami jumlah kasus Covid-19 di daerahnya, sehingga tau apa yang harus dilakukan”, ujar Presiden Joko Widodo.

Berita Lainnya

Tala Akan Miliki TP2DD

1 dari 416

Tala sendiri masih berada pada zona orange dengan peningkatan kasus Covid-19 yang cukup signifikan. Per 16 Mei 2021 terdata 3.584 kasus Covid-19 yang telah terjadi di Tala, 133 orang sedang dirawat dan 98 orang telah meninggal dengan status positif Covid-19.

Menyikapi arahan dari Presiden Joko Widodo, Sukamta bersama Forkopimda sepakat akan terus berupaya mencegah dan menangani penularan Covid-19 di Tala. Orang nomor satu di Tala ini juga kembali mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk mendukung upaya tersebut dengan mematuhi protokol kesehatan.

“Ini tanggung jawab kita bersama, saya harap masyarakat juga mendukung dengan pelaksanaan protokol kesehatan yang disiplin. Kalau masyarakat disiplin, kegiatan ekonomi bisa jalan dan pencegahan Covid-19 juga terlaksana”, tutup Sukamta.

Turut berhadir dalam rapat koordinasi tersebut, Wakil Bupati Tala Abdi Rahman, Sekretaris Daerah (Sekda) Tala H Dahnial Kifli, Forkopimda, dan para Asisten Sekretariat Daerah Tala. (rzk/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya