BUMDes Amanah Masih Kesulitan Salurkan Pupuk Subsidi

Marabahan, KP – Komisi I DPRD Kalsel mengharapkan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) mampu mendukung laju roda perekonomian di daerah, agar bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Kita mengharapkan agar BUMDes mampu mendukung laju roda perekonomian,” kata Ketua Komisi I DPRD Kalsel, Hj Rachmah Norlias, usai monitoring ke kantor BUMDes Amanah Desa Karang Indah, Kecamatan Mandastana, Kabupaten Barito Kuala, Senin (31/5).

Rachmah Norlias mengungkapkan, BUMDes Amanah di Desa Karang Indah ini merupakan contoh yang baik untuk menjadi rujukan berbagai BUMDes di desa lain.

“Sebab, selain pengelolaannya yang baik, BUMDes Amanah ini memiliki unit usaha yang beragam,” tambah politisi Partai Amanat Nasional (PAN).

Setidaknya, menurut Rachmah Norlias, ada delapan unit yang sudah dijalankan. Diantaranya, unit KP SPAMS, D3zz Caffe Chicken, POM mini, pangkalan gas elpiji 3 kilogram, kelompok ternak, lumbung pangan, kursus Bahasa Inggris (ETV), dan pengelola jasa alsintan (UPJA)

Ketua BUMDes Amanah, Sunardi menjelaskan, BUMDes yang dipimpinannya ini pernah mendapat juara 2 BUMDes terbaik tingkat provinsi.

Berita Lainnya
1 dari 930

Hanya saja, di balik semua pencapaian ini, ada berbagai kendala yang dihadapi, seperti di unit lumbung pangan.

“Sampai saat ini, kami memiliki keterbatasan stok pupuk, terutama pupuk subsidi,” jelas Sunardi.

Untuk itu, pihaknya mengharapkan ketersediaan pupuk subsidi, mengingat pupuk non subsidi tidak cocok dengan tanaman dan harganya juga lebih mahal.

“Kita mengharapkan adanya bantuan pemerintah, agar petani mudah mendapatkan pupuk subsidi, sehingga produksi pertanian juga meningkat,” tambahnya.

Kunjungan kerja dalam daerah ini juga didampingi Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD), Zulkifli MP, yang berterimakasih atas peran aktif Komisi I dalam mendukung pemberdayaan masyarakat dan desa, dalam hal ini terkait BUMDes.

“Kita berharap ke depan, BUMDes di masing-masing desa bisa dimaksimalkan, untuk mendukung bangun kembang perekonomian di banua,” kata Zulkifli. (lyn/K-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya