Bupati Gelar Aksi Konvergensi Percepatan Penurunan Stunting

Rantau, KP – Dalam rangka aksi kegiatan konvergensi percepatan penurunan Stunting di Kabupaten Tapin, Dinas Kesehatan dan Tim Penggerak PKK Kabupaten Tapin menggelar rembuk stunting bertempat Kantor Baru Sekretariat Daerah Kabupaten Tapin. Selasa (8/6/2021).

Rembuk stunting dihadiri Pj Ketua PKK Provinsi Kalsel Safriati Safrizal ZA, Bupati Tapin HM Arifin Arpan, Ketua TP PKK Kabupaten Tapin Hj Ratna Ellyani, Wakil Ketua PKK Tapin Hj Mustaidah, Wakil Bupati Tapin H Syafrudin Noor, Ketua DPRD Tapin H Yamani, Sekretaris Daerah Tapin Masyraniansyah dan Jajaran Terkait SOPD Pemkab Tapin serta Tim Penggerak PKK Kabupaten Tapin.

Bupati Tapin HM Arifin Arpan membuka kegiatan rembuk stunting mengatakan, dalam rangka upaya percepatan pencegahan stunting, pemerintah saat ini terus berupaya untuk mencapai target penurunan prevalensi stunting dalam RPJMN 2020-2024 menjadi 14 persen.

“Alhamdulillah berkat dukungan Pemerintah Provinsi Kalsel dan kerjasama baik Tim KP2S Pemerintah Kab Tapin dapat memenuhi target yang telah ditetapkan pemerintah yaitu dibawah dari target nasional 21,1 persen,’’ ungkapnya.

Untuk itu saya selaku kepala daerah, sangat mendukung dan mengapersiasi dilaksanakannya rembuk stunting, karena merupakan salah satu 8 aksi konvergensi penurunan stunting yang terintegrasi.

“Rembuk stunting merupakan Langkah penting dilakukan, dalam hal memastikan pelaksanaan rencana kegiatan dalam rangka intervensi pencegahan penurunan prevalensi stunting di Kabupaten Tapin dan melibatkan semua pihak, “katanya.

Oleh karena itu berharap kometmen kita semua terkhusus kepada peserta baik secara offline dan online di semua SKPD serta seluruh kecamatan se Kab Tapin agar hasil dari rembuk stunting ini disusun rencana terverensi, gizi terintegrasi yang nantinya dimuat di dalam RKPD atau Renja SKPD tahun berikutnya.

Sementara Pj Ketua PKK Provinsi Kalsel Safriati Safrizal Za dalam sambutannya mengatakan, adanya rembuk stunting rencana aksi kegiatan konvergensi percepatan penurunan stunting di Kab Tapin dapat dilaksanakan lebih baik lagi, lebih terarah dan terukur dan tepat sasaran.

Berita Lainnya

Pengelolaan SPAN Lapor Tapin terbaik

1 dari 286

“Sehingga nantinya ada kemajuan nyata dalam penuruan angka stunting dari ketahun ketahun khususnya di Kabupaten Tapin, “ ujarnya

Menurutnya Kabupaten Tapin luar biasa dalam pencegahan stunting, semua sangat konsen dalam penanangan stunting, karena didukung semua unsur hadir dalam mendukung pencegahan dan penurunan stunting

Namun berharap nantinya salah satu desa di Kabupaten Tapin ada keluarga sehat, tanggap dan tangguh bencana peduli stunting, sehingga permasalahan stunting  dapat teratasi dengan baik.

Oleh karenanya mengajak mari kita sama sama berjuang tanpa mengenallLelah untuk memberikan bagi masyarakat cintai, kita jadikan maaslaah stanting sebagai lahan untuk berbuat kebaikan dan kemaslahatan umat.

Sementara Ketua PKK Kab Tapin Hj Ratna Ellyani menambahkan, bahwa Tim Penggerak PKK Kabupaten Tapin sudah melakukan berbagai upaya, pencegahan dan penurunan angka stunting.

Salah satu upaya stategi dalam pencegahan stunting yakni dengan memberdayakan peran dasaiwisma di desa atau kelurahan yang menjadi lokus stunting.

“Dengan memberdayakan peran dasawisma di desa setempat yang menjadi lokus stunting, akan lebih banyak membawa keberhasilan dan terus terupdate untuk pencegahan dan penurunan stunting,’’ katanya.

“Mudahan stunting yang ada di Kab Tapin lebih cepat tuntas, dan tidak ada lagi warga Tapin yang terkena stunting,’’ harapnya.

Usai menggelar rembuk stunting penandatangan bersama kometimen pencegahan stunting mulai dari Bupati Tapin, Wakil Bupati Tapin, Ketua DPRD Tapin, Ketua PKK Kab Tapin, Pimpinan Muspida Tapin dan Penjabat terkait Lingkungan Pemerintah Kab Tapin. (abd/K-6)
 

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya