Bupati Tapin Mulai Bongkar Bangunan Bantaran Sungai

Rantau, KP – Pemerintah Kabupaten Tapin kembali membongkar rumah berada dibantaran sungai di Sepanjang Jalan H Hakim Samad Desa Pandahan, Desa Pematangkarangan Hilir dan Desa Hiyung Kecamatan Tapin Tengah.

Pembongkaran secara simbolis dimulai oleh Bupati Tapin HM Arifin Arpan MM di rumah warga masyarakat Desa Pematangkarangan Hilir Kecamatan Tapin Tengah. Rabu (2/6/21) kemarin siang.

Turut hadir pada pembongkaran rumah Dandim 1010 Tapin Letkol Inf Andi Sinrang, Kepala Dinas PUPR Yustan Azidin, Kepala BPKAD Sufian, Kepala Dinas PMD Rahmadi, Camat Tapin Tengah Sugianor dan Kepala Desa Pandahan, Kepala Desa PK Hilir dan Kepala Desa Hiyung.

Kegiatan relokasi rumah bantaran sungai di inisasi Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan Kabupaten Tapin sebagai upaya mengembalikan sungai seperti semula tanpa adanya berdiri bangunan liar dan juga untuk kebersihan lingkungan.

Bupati Tapin HM Arifin Arpan mengatakan, relokasi rumah dibantaran sungai dalam rangka menjalankan program kebersihan sungai yang bebas dari berdirinya bangunan-bangunan liar sekaligus mengembalikan fungsi sungai bersih dari sampah.

“Pembongkaran rumah berada di bantaran sungai sepanjang Jalan H Hakim Samad Desa Pandahan sampai Desa Hiyung Kecamatan Tapin Tengah, “ ungkapnya.

Relokasi rumah warga masyarakat berada bantaran sungai dipindahkan dipindahkan ketempat baru yang lebih nyaman untuk dibangunkan rumah baru.

Berita Lainnya

Pengelolaan SPAN Lapor Tapin terbaik

1 dari 286

Supaya aliran sungai menjadi lebih baik, warga masyarakat tidak menggangu lingkungan dan sungai tidak tercemar lagi dari sampah.

Berharap setelah direlokasi ada tindak lanjut dari warga masyarakat untuk sama sama membersihkan dan menjaga sungai yang sudah dibersihkan agar tidak lagi menjadi kotor, nanti kedepannya bisa menjadi objek wisata salah satu desa yang peduli sungai dengan tidak ada lagi bangunan di sepanjuang sungai.

“Berharap kalau sudah ditata, pemeliharannya dan mengelonya kembali masyarakat,“ harapnya.

Sementara Kepala Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Pertanahan Yumanto AP melaporkan, pembongkaran bangunan dan pembersihan sungai di sepanjang jalan H Hakim Samad Desa Pandahan sampai Desa Hiyung Kecamatan Tapin Tengah atau sepanjang 6 (enam) kilometer dengan rumah yang dibongkar sebanyak 103 buah.

“Kegiatan relokasi ini masuk program padat karya tunai. Untuk pendanaan tidak ada ganti rugi, jadi kegiatan diberikan dana untuk bekerja seperti melakukan pembongkaran rumah, dan juga kalau ada minta dibangunkan lagi dari bahan yang ada bisa dilakukan,“ ujarnya.

Karena pembongkaran bangunan tidak hanya berupa rumah tetapi juga warung,kios, garasi mobil, pondok cabe dan lain-lain.

Mudahan melalui program pada karya tunai ini, pembongkaran bangunan liar berada bantaran sungai, lingkungan menajdi bersih dan sungai bersih dari sampah serta warga masyarakat terdampak ekonomi mendapat pekerjaan. (abd/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya