Iklan
Iklan
Iklan
Banjarmasin

Kadisdik Akui Pendaftar PPDB di Banjarmasin Menurun

×

Kadisdik Akui Pendaftar PPDB di Banjarmasin Menurun

Sebarkan artikel ini
PANTAU- Walikota H Ibnu Sina saat melakukan pemantauan PPDB Online untuk SMP dan SD di Banjarmasin terjadi penurunan peserta. (KP/Zakiri)

Walikota H Ibnu Sina puji PPDB Online berjalan lancar dan semuanya diharapkan dukungan dan kerjasamanya mulai dari PLN, penyedia internet juga petugas diharapkan berjalan aman dengan hasil yang baik

BANJARMASIN, KP – Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Banjarmasin, Totok Agus Daryanto mengakui, bahwa jumlah pendaftar pada Penerimaab Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ini cenderung mengalami penurunan.

Android

Hal itu diketahuinya usai meninjau proses PPDB di beberapa sekolah, baik di jenjang Sekolah Pendidikan Pertama (SMP) dan Sekolah Dasar (SD).

“Kita sempat mantau juga di SMPN 10, SMPN 9 dan SMPN 2. Temuannya memang ada orang tua yang tidak biasa mendaftar dengan aplikasi,” ungkapnya, saat ditemui awak media di lobi gedung Balai Kota, Senin (28/06) siang.

Disisi lain, Totok mengakui bahwa jumlah peserta didik setiap tahun cenderung mengalami penurunan. Ia justru menilai, bahwa kondisi ini menunjukkan keberhasilan program Keluarga Berencana (KB) dari Pemerintah.

“Tahun-tahun kemarin zonasi hari pertama sudah banyak. Jumlah orangnya juga memang berkurang. Tahun lalu yang lulus SD sederajat itu ada 11 ribu siswa. Sekarang cuma 10 ribu saja. Tapi nanti kita lihat sampai akhir jadwal,”

Disamping itu, faktor lain yang juga membuat jumlah peserta didik berkurang adalah kecenderungan orang tua yang memilih sekolah keagamaan untuk anaknya. Misalnya pondok pesantren ataupun sekolah-sekolah swasta.

“Karena kondisinya seperti ini, saya sangat yakin kuota PPDB tahun ini tidak akan terpenuhi,” tandasnya.

Bahkan untuk diketahui, sesuai Juknis yang dikeluarkan oleh Disdik Kota Banjarmasin, pelaksanaan PPDB jalur zonasi dan perpindahan orang tua dilaksanakan mulai Senin, (28/06/) hari ini hingga tanggal 30 Juni 2021.

Kuota yang tersedia untuk jalur zonasi sebanyak 4.585 siswa. Ditambah sisa kuota yang tidak terpakai pada jalur afirmasi dan prestasi yang diselenggarakan sebelumnya sebanyak 488 siswa.

Sementara memasuki hari pertama pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) yang dilakukan secara online, Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina turut memantau pelaksanaan PPDB tersebut didampingi Kepala Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin, Totok Agus Daryanto ke SMP Negeri 26 dan SMP Negeri 8 Banjarmasin.

Petinggi rumah Banjar tersebut juga mengaku bangga kegiatan PPDB On;line hari pertama semuanya berjalan lancar dan semuanya diharapkan dukungan dan kerjasamanya mulai dari PLN, penyedia internet sekaligus semua petugas sehingga sampai akhir kegiatan PPDB Online berjalan aman dan lancar dan tak ada kendala.

Hal ini membuktikan PPDB Online yang sudah dilaksanakan setiap tahun terus dilakukan perbaikan kinerjanya sehingga diharapkan semuanya berjalan lancar sampai hari pelaksanananya bahkan sampai hasil akhirnya, demikian Walikota H Ibnu Sina. (Zak/K-3)

Iklan
Iklan