Mitra Plaza, Mall Pertama di Banjarmasin yang Semakin Sepi

Namun, munculnya mall baru yang lebih modern menimbulkan ketatnya persaingan bisnis. Belum lagi, hadirnya penjualan dengan sistem online yang menawarkan harga lebih murah juga menjadi kompetitor serius.

BANJARMASIN, KP – Deretan toko-toko di kawasan Mitra Plaza Banjarmasin terlihat lebih banyak yang tutup dibanding yang buka. Padahal saat itu hari Minggu, jam pun baru menunjukkan pukul 19.30 Wita. Dimana, biasanya banyak warga yang menghabiskan waktu libur di akhir pekan.

Dari pantauan Kalimantan Post, di lantai dasar terlihat hanya ada 2 buah gerai yang buka. Salah satunya gerai fashion Hawaii Busana. Sementara, di lantai dua hanya 1 gerai makanan cepat saji, Texas Fried Chicken yang kelihatan beraktivitas, pengunjungnya pun hanya segelintir orang saja.

Sepi, itulah gambaran yang ditangkap mata, ketika mengunjungi pusat perbelanjaan pertama di Kota Banjarmasin ini. Masa kejayaan Mitra Plaza yang terletak di Jalan Pangeran Antasari, Banjarmasin Tengah ini semakin meredup sejak beberapa tahun belakangan.

Padahal, Mitra Plaza yang didirikan pada tahun 1990 silam, dulunya selalu ramai dikunjungi warga Banjarmasin dan sekitarnya. Di mall yang terdiri 3 lantai tersebut, banyak diisi penyewa-penyewa yang sudah terkenal sebagai perusahaan besar baik skala nasional maupun internasional.

Namun, munculnya mall baru yang lebih modern menimbulkan ketatnya persaingan bisnis. Belum lagi, hadirnya penjualan dengan sistem online yang menawarkan harga lebih murah juga menjadi kompetitor serius.

Terakhir, tentu saja pandemi Covid-19 yang sangat menghantam semua sektor usaha hingga babak belur. Akibatnya, satu persatu gerai-gerai yang ada di Mitra Plaza mulai rontok secara perlahan.

Berita Lainnya
1 dari 863

Pembatasan jam operasional gerai, terutama gerai yang terletak di mall atau pusat perbelanjaan, serta menurunnya daya beli masyarakat akibat berkurangnya pendapatan dan Pemutusan Hubungan Kerja atau PHK, turut memberi dampak negatif terhadap sektor usaha.

Saat memasuki gerai Hawaii Busana, hanya tampak beberapa pengunjung yang memilih-milih barang. Sebagian besar produk di sana dijual dengan diskon 50 persen.

Salah seorang karyawan yang enggan disebut namanya, ketika dibincangi menceritakan, semakin hari pengunjung yang datang ke Mitra Plaza semakin sedikit, jumlahnya bisa dihitung jari.

“Apalagi, ketika Ramayana yang ada di sini tutup. Mitra Plaza jadi makin sepi. Sekarang, Ramayana jadi satu di Sentra Antasari,” tuturnya, Minggu (13/6) malam.

Ia membenarkan, saat ini Hawaii Busana tengah memberikan diskon besar hingga 50 persen. “Kami ingin menghabiskan sisa stok yang ada, jadi semua produk pakaian dan sepatu didiskon setengah harga,” jelasnya.

Sementara, Bani, seorang pembeli yang berbelanja mengatakan, dirinya mendapat informasi dari teman-temannya bahwa di Hawaii tengah ada cuci gudang dan diskon besar.

“Sengaja datang ke sini mau beli celana jeans. Sekalian mau belikan buat anak dan keponakan. Tadi dapat yang cocok dengan selera jadi langsung dibeli. Lumayan, dapat potongan harga 50 persen,” ungkap warga Sutoyo S, Banjarmasin itu. (opq/K-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya