Pembangunan Siring Sungai Desa< Pandahan Sampai Desa Hiyung Disiapkan

Rantau, KP – Upaya memperindah pemandangan keberadaan sungai, sepanjang sungai jalan H Hakim Samad Desa Pandahan, Desa Pematang Karangan Hilir sampai Desa Hiyung Kecamatan Tapin Tengah, pemerintah Kabupaten Tapin akan membangun siring rencananya akan dibuat siring sekaligus pengaman jalan.

Hal itu disampaikan Bupati Tapin HM Arifin Arpan saat melakukan pembongkaran rumah warga berda bantaran sungai di Desa Pematangkarangan Hilir Kecamatan Tapin Tengah baru baru tadi.

“Dibangun siring di sepanjang Jalan Hakim Samad Desa Pandahan sampai Desa Hiyung  yang sudah terbebas dari rumah warga masyarakat, untuk memperindah keberadaan sungai di sana,’’ungkap Bupati Tapin.

Untuk dana pembanguan siring tersebut sudah disiapkan, sebanyak 3,5 miliar rupiah dan engerjaan direncanakan mulai tahun 2021 ini.

“Kalau memang dana tersebut tidak cukup, bisa ditambahkan anggarannya pada perubahan atau tahun 2022 nanti,” jelasnya.

Karena direncanakan membangun siring dan nantinya bisa jadikan tempat wisata oleh masyarakat desa setempat, seperti menyajikan khas kerajian desa setempat untuk dapat dijula bagi yang melintas di dea setempat, dengan adanya itu secara otomatis akan menambah pendapatan.

Berita Lainnya
1 dari 248

Lanjut Bupati seperti Desa Hiyung telah dikenal dengan cabai hiyung yang pedasnya 17 kali lipat dari vabai biasa, tentunya nantinya sepanjang sungai disiring tentunya dapat melihat hamparan tanaman cabai hiyung sekaligus bisa memetik hasilnya.

“Masing-masing desa disepanjang jalan yang terkena bangunan siring dan diperindah nantinya dapat menonjolkan produk unggulan desanya, sehingga roda perekonomian setempat berjalan dengan baik,’’ Pungkasnya.

Sementara Camat Tapin Tengah Sugian Noor, upaya pembongkaran bangunan sepanjang sungai pandahan sampai hiyung, merupakan keinginan pemerintah sejak lama, namun banyak kendala dilapangan, terutama kurangnya komunikasi dan koordinasi antar instansi terkait dengan pihak kecamatan dan desa.

Karena dengan dibongkarnya bangunan liar di sepanjang sungai berdiri, tentunya sungai menjadi bersih dan indah, ditambah lagi nantinya akan di bangun siring tentunya, sepanjanbg jalan menjadilebih baik.

“Pihaknya mewakili warga masyarakat mendukung sekali dibangunkan siring disepanjang sungai di jalan Hakim Samad Desa Pandahan sampai Desa Hiyung,’’ungkapnya.

Mudah-mudahan dibersihkannya sungai dan dibangun siring, desa dapat maju dan berkembang. (abd/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya