Tingkatkan Kapasitas BUMDesa,
Wakil Ketua DPRD Sumbangkan Platform Digital

BUMDes juga bisa melakukan pemasaran menggunakan platform digital tersebut, sehingga pemasaran semakin luas,” ujar politisi Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan.

Banjarmasin, KP – Wakil Ketua DPRD Kalsel, M Syaripuddin menyumbangkan platform digital yang bernama Kelola Kas, dalam rangka meningkatkan kapasitas Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

“Platform digital ini dapat digunakan untuk mengelola keuangan BUMDes,” kata Bang Dhin, panggilan akrab M Syaripuddin di sela Penghargaan BUMDes di lantai 2 Duta Mall, Sabtu (26/6/2021) sore, di Banjarmasin.

Menurut Bang Dhin, platform digital untuk mengelola kas ini akan memudahkan BUMDes melihat pengeluaran dan pemasukan, sehingga aset-aset mereka tertata dengan lebih rapi.

“BUMDes juga bisa melakukan pemasaran menggunakan platform digital tersebut, sehingga pemasaran semakin luas,” ujar politisi Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan.

Bang Dhin mengungkapkan, hingga kini ada tiga kabupaten yang diberikan platform digital tersebut, yaknni Kabupaten Tanah Laut, Tanah Bumbu dan Kotabaru.

“Ke depan, platform digital ini diharapkan bisa digunakan BUMDes se Kalsel, sehingga pengelolaan kas maupun pemasaran akan lebih mudah lagi,” tambah wakil rakyat dari daerah pemilihan Kalsel VI, meliputi Kabupaten Tanah Bumbu dan Kotabaru.

Berita Lainnya
1 dari 861

Hal ini sangat mendukung pengembangan BUMDes ke depan, agar lebih maju dan dapat bersaing dalam memasarkan produk yang dihasilkannya kepada masyarakat luas.

“Jadi tidak hanya terbatas di Kalsel, namun juga ke luar daerah, karena pemasarannya menggunakan aplikasi digital,” jelas Bang Dhin.

Sementara itu, Ketua DPRD Kalsel, H Supian HK mengharapkan agar BUMDes yang mendapatkan penghargaan bisa menjadi contoh untuk kabupaten lain dalam pengembangan usahanya.

“BUMDesa yang sudah menjadi contoh ini agar bisa lebih mengembangkan usahanya,” kata Supian HK.

Politisi Partai Golkar menambahkan, pengembangan BUMDes juga akan berdampak pada peningkatan pendapatan asli daerah (PAD) di wilayahnya masing-masing.

“Jadi tidak hanya berhenti sampai di sini, namun terus dikembangkan agar semakin maju,” jelas wakil rakyat dari daerah pemilihan Kalsel V, meliputi Kabupaten Hulu Sungai Utara, Balangan dan Tabalong.

Supian HK menambahkan, kelurahan atau desa yang lain juga dapat mengalokasikan dananya untuk menambah modal BUMDes di wilayahnya.

“Walaupun kecil, tapi tepat kepada sasaran untuk mengembangkan usaha yang ada di daerahnya,” tegas Supian HK. (lyn/K-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya