Bang Dhin Hibahkan Aplikasi Go Digital Desa

Berita Lainnya
1 dari 3.204

Banjarmasin, KP – Wakil Ketua DPRD Kalsel, M Syaripuddin menghibahkan aplikasi Go Digital Desa (Gides) kepada Desa Pancakan dan Binawara, Kabupaten Tanah Bumbu untuk membantu desa agar tidak tertinggal.
“Ini bertujuan untuk memajukan desa dalam memanfaatkan teknologi informasi,” kata Bang Dhin, panggilan akrab M Syaripuddin.
Hal tersebut diungkapkannya usai peluncuran Go Digital Desa yang dirangkai dalam sosialisasi Perda Nomor 4 tahun 2016 tentang Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, di Gedung Serbaguna Desa Binawara, Kecamatan Kusan Hulu, kemarin.
Menurut Bang Dhin, pemberian aplikasi itu dalam rangka memberikan kemudahan bagi perangkat desa dan masyarakat untuk memgakses informasi tentang data wilayahnya
“Godes merupakan hibah dan inisiasinya untuk memberikan ruang kepada Desa Binawara untuk bisa menikmati fasilitas nerupa aplikasi digital untuk memgaksea seluruh data desa secara transparan,” jelas politisi Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan.
Bang Dhin menambahkan, masyarakat setempat atau pihak lain dapat memgakses angka penduduk luas wilayah, dan pptensi daerah produk masyarakat, bahkan untuk pelayanan publik.
“Situasi desa terkini juga bisa diakses melalui smartphone sehingga tidak perlu harus ke Balai Desa,” ungkap Bang Dhin.
Ditambahkan, pengunaan anggaran desa juga bisa diketahui apakah sesuai aturan atau tidak.
Dia juga berharap, kemudahan ini akan memberikan manfaat positif bagi msyarakat untuk meningkatkan kemandirian serta meningkatkan daya saing dalam menunjukan potensi yang dimiliki masing-masing desa.
Lebih lanjut Bang Dhin mengungkapkan, salah satu tujuan yang tertuang dari Perda Nomor 4 tahun 2016 adalah menjadi sarana memperkuat desa melalui peningkatan fungsi dan peran sercara strategis untuk mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat.
“Jadi untuk mewujudkan masyarakat yang berdaya, salah satu sasaran adalah meningkatkan koordinasi pelaksanaan pemberdayaan masyarakat dan desa,”tegasnya.
Sementara itu, Kepala Desa Pacakan Supiyani dan Binawara Noor Rahman berterimakasih dengan inovasi yang dibuat Bang Dhin, yang masih sempat memikirkan desa-desa di tengah kesibukannya.
“Kami menyambut baik apa yang sudah diberikan ini, semoga menjadi manfaat untuk masyarakat desa,” kata dua kepala desa ini. (lyn/KPO-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya