Bertambah 9000 Warga Miskin Baru

Banjarmasin, KP – Pandemi Covid-19 yang melanda selama hampir dua tahun di Kota Banjarmasin membuat jumlah warga miskin di Kota Banjarmasin bertambah banyak.

Pasalnya, pandemi Covid-19 ini membuat sejumlah warga menjadi kehilangan penghasilan mereka lantaran adanya kebijakan-kebijakan pemerintah yang mengharuskan banyak pekerja mesti melaksanan kegiatan di rumah.

Hal itu diakui langsung oleh Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Banjarmasin, Iwan Ristianto saat ditemui awak media di lobi gedung Balai Kota belum lama tadi.

Ia mengatakan, dari data yang dimiliki Dinas Sosial Kota Banjarmasin, dalam kurun waktu lebih dari satu tahun ini, sudah terdata sebanyak 9000 warga miskin baru.

“Selama pandemi ini jelas ada penambahan. Dari tahun 2020 hingga 2021 ini data kita terdapat penambahan sekitar sembilan ribu orang miskin baru,” ucapnya pada awak media.

Berita Lainnya

Ibu Hamil Perlu Divaksin Covid-19

1 dari 3.571

Penambahan itu disampaikan oleh Iwan berdasarkan dari Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) di Dinsos Banjarmaskn

Kendati demikian menurutnya bahwa jumlah tersebut masih belum benar-benar terdata sepenuhnya.

“Kita mengambil data dari DTKS itu untuk sementara ini. Karena pertambahan dan pengurangan ini sifatnya dinamis,” terangnya.

“Tetapi data sementara kita ini sudah jelas dari tahun 2020 data orang miskin sekitar 40.000 jiwa, namun sejak awal pandemi hingga kini menjadi sekitar 49.000 jiwa orang miskin di Banjarmasin,” lanjutnya.

Ia juga menjelaskan bahwa peningkatan warga miskin ini tidak hanya terjadi di Kota Banjarmasin, akan tetapi penambahan warga miskin baru ini terjadi di seluruh Indonesia.

“Penambahan ini karena beberapa hal, seperti misalnya waktu banjir di awal tahun kemarin, ini juga pandemi belum berakhir, ditambah lagi dengan pengetatan-pengetatan yang berlaku ini. Hal-hal itulah yang membuat terjadinya peningkatan jumlah warga miskin di Banjarmasin,” pungkasnya. (Zak/KPO-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya